SHOW

SELAMAT DATANG | SEMOGA SITUS INI BISA BERMANFAAT DAN MENGINSPIRASI

Dropdown Menu

Tugas Kuliah: Group 4 (7D) | HUBUNGAN LEKSIKAL

Group 4 (7D):
1.      Anki Endiar M.                     113221024
2.      Niken Rofiqoh                       26.10.6.2.162
3.      Putri Desi Ratnasari             26.10.6.2.175
4.      Riqi Novi Fajar Aggy           26.10.6.2.192
5.      Siti Nurjanah                         26.10.6.2.210

BAB 5
HUBUNGAN LEKSIKAL
Dalam berbagai macam bahasa terdapat satu atau lebih kata (leksem) yang memilliki hubungan semantik. Contohnya : father dan mother ; father dan Son;  father dan paternal; employer dan employee; big dan large. Setiap set (himpunan kata) tersebut memiliki hubungan yang berbeda-beda. Seperti kata, employer dan employee (majikan dan pegawai), kata tersebut memiliki hubungan secara formal dan semantik.

Terdapat dua cara yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan hubungan leksikal, yaitu : Teori Dasar semantic dan teori kebenaran bersyarat. Dalam teori dasar, leksem dikelompokkan berdasarkan penggunaan bersama dan perbedaan unsur.  Contohnya : wasp, hornet, bee (sebutan untuk jenis lebah) dan kata lain yang menunjukkan serangga yang bisa terbang dan menyengat. Moth dan housefly, menunjukkan serangga yang dapat terbang tetap tidak menyengat. Ant dan termite adalah nama serangga yang tidak bisa terbang dan tidak menyengat. Lalu, apa yang membedakan wasp, hornet dan bee satu sama lain? Apa yang membedakan serangga dengan makhluk hidup lainnya?. Dalam ilmu serangga pengelompokkannya tentu berdasarkan ilmu pengetahuan. Tetapi dalam ilmu semantic pengelompokkannya lebih memperhatikan sistem klasifikasi rakyat yang menggunakan cara tradisional untuk mengklasifikasikan fenomena-fenomena di dunia mereka.
Teori kebenaran bersyarat mempelajari hubungan leksikal dengan membandingkan kemungkinan penyataan yang sama. Tugasnya untuk  memperhitungkan hubungan makna antar symbol bahasa yang berbeda. Terdapat tiga hubungan, yaitu : Entailment, paraphrase dan Contradiksi
Entailment adalah hubungan antara hal, sebut saja ‘p’ dan ’q’, jika p benar maka bisa dipastikan q juga benar. Tapi jika q benar, belum tentu p juga benar. Perhatikan contoh, Memang benar kalo dasiku berwarna merah marun, apakah benar jika dasiku berwarna merah? Jika dasiku  berwarna merah itu pernyataan yang benar, apakah dasiku berwarna merah marun itu juga benar?
Paraphrase adalah hubungan antara dua hal, p dan q, jika salah satu benar maka yang lain benar juga. Dan jika salah satu salah maka yang lain juga salah. Contohnya, dasiku murah, apakah benar dasiku tidak mahal?
Contradiksi adalah hubungan antara dua hal, jika salah satu benar maka yang lainnya salah. Contohnya, dasiku itu murah, apakah benar kalau dasiku itu mahal?
5.1 RANAH LEKSIKAL
Kita bisa menentukan sebuah leksem (kata) dengan melihat termasuk bagian mana kata itu dan bagaimana kata itu berbeda dengan kata lain dalam set yang sama. Contoh himpunan (Set) kata yaitu olahraga/Sport (Tenis,bulu tangkis, golf, sepak bola dan lain-lain); karya tulis (puisi, novel, cerita pendek, dan lain-lain). Pada umumnya tidak sulit untuk menyebutkan kata mana saja yang termasuk dalam setiap set. Tapi yang menjadi masalah adalah berapa besar  kemungkinan kata termasuk dalam himpunan tersebut dan bagaimana menemukan cirri utama yang membedakan setiap leksem dalam himpunan kata tersebut.
Beberapa himpunan kata memiliki hubungan bagian-seluruh, contohnya kata arm (lengan), ketika menyebutkan kata ini maka hand (tangan) juga termasuk didalamnya, termasuk juga finger (jari) dan thumb (ibu jari).
Beberapa himpunan kata, terutama bagian yang terkecil membentuk sebuah pola. Kata man, woman, boy, dan girl kata ini merujuk pada kata human (manusia).  Untuk menentukan unsur semantic ini bisa digambarkan denga menggunakan kurung kotak [], [male/female] dan [adult/child] adalah contoh dari unsure atau komponen semantic, yang membedakan kata satu sama lain dalam himpunan tersebut. Penentuan komponen ini disebut analisis komponen.
Analisis ini terdiri dari definisi (man=[adult male human]) dan analogi (man is to woman as boy is to girl, boy is to man as girl is to woman). Dengan kata lain pola ini menunjukkan bahwa kata secara sistematik saling berhubungan. Penjelasan ini juga bisa dibuat lebih mudah dengan menggunakan bilangan binary. Penulisan unsurnya bukan menggunakan male atau female untuk menunjukkan kelamin jantan atau betina, tapi menggunakan label [+male] dan [-male] atau dengan acuan female menjadi [+female] dan [- female].  Tapi metode ini menimbulkan masalah baru, apakah semua yang berlawanan dapat dikelompokkan secara berpasangan? Dalam hal ini perbedaan jenis kelamin bisa dikelompokkan dengan cara binary, tetapi jika membicarakan umur maka pembagiannya bisa secara bilogis dan secara sosial. [+adult] or [-adult], tetapi ingat dalam bahasa inggris terdapat kata adoloscene, yang menunjukkan [-adult] dan [+child].
keuntungan dari analisis komponen adalah analisis ini mencerminkan sistem di mana leksem memiliki fungsi masing-masing. Untuk menunjukkan apa yang harus dikatakan ada apa yang tidak harus dikatakan, perbedaan leksem dan unsure apa yang membuat perbedaannya menjadi mungkin. Kelemahan yang dihasilkan dari analisis komponen adalah analisis ini tidak begitu penting sehingga memungkinkan kita tidak begitu memperdulikan pengelompokkan kata dalam bahasa.
5.1 HUBUNGAN KEKERABATAN
Sistem kekerabatan adalah wilayah yang menarik dalam analisis komponen. Hubungan kekerabatan adalah hal yang universal karena semua manusia saling terhubung  dengan manusia lain melalui ikatan darah dan melalui pernikahan. Tetapi sistem hubungan kekerabatan dari setiap kehidupan masyarakat dapat berbeda-beda.
Beberapa hubungan kekerabatan dapat digambarkan dengan menggunakan unsur berikut : [parent], [offspring], [sibling] dan [spouse]. Diperlukan komponen [male] dan [female] juga.  Dengan mengkombinasikan unsure tersebut maka bisa dianalisis, sebagai berikut : father= M parent (ayah= orang tua laki-laki); sister= F sibling, brother=M sibling, son=M offspring, Husband=M spouse, dan wife= F spouse.
Dalam bahasa inggris ataupun bahasa Eropa memiliki perbedaan dalam menyebutkan jenis kelamin laki-laki dan  perempuan.Tapi keduanya menyebut saudara perempuan sebagai ‘sister’ dan saudara laki-laki sebagai ‘brother’.Beberapa hubungan kekerabatan memiliki sistem yang berbeda yang disebut ‘cross-sibling’. Tok pisin adalah bahasa Papua Nugini, dalam bahasa ini mereka menyebut ‘borata’ dari kata ‘brother’ dalam bahasa inggris untuk menyebut saudara yang berjenis kelamin sama dan ‘sesta’ dari kata ‘sister’ untuk menyebut saudara yang berjenis kelamin berbeda.
Contoh:
                                                                        Saudara laki-laki                     Saudara perempuan
                        Pembicara laki-laki                  borata                                      sesta
                        Pembicara perempuan             sesta                                        borata
                       
Kata ‘cousin’ di dalam bahasa inggris tidak membedakan jenis kelamin, sedangkan kata yang lain membedakan jenis kelaminnya.Seperti kata ‘uncle’ yang merupakan saudara laki-laki orang tua; ‘aunt’ berarti saudara perempuan dari orang tua, dan contoh-contoh lainnya.
Hubungan kekerabatan yang berasal dari keturunan disebut hubungan ‘consanguineal’. Hubungan yang berasal dari pernikahan disebut ‘affinities’. Di tata bahasa inggris biasanya menggunakan imbuhan –in-law.
Contoh: Mother-in-law or father-in-law = spouse’s F/M parent
            Daughter-in-law or son –in-law = offspring’s F/M spouse
5.3 HIPONIM
Hiponim adalah suatu kata atau frasa yang maknanya tercakup dalam kata atau frasa lain yang lebih umum, yang disebut hiperonim atau hipernim. Suatu hiponim adalah anggota kelompok dari hiperonimnya dan beberapa hiponim yang memiliki hiperonim yang sama disebut dengan kohiponim.
Sekarang beralih pada kebenaran semantik bersyarat, mari kita pertimbangkan pasangan kalimat-kalimat berikut:
1a Rover adalah seekor Collie
1b Rover adalah seekor anjing
2a Ada bunga tulip dalam vas
2b Ada bunga-bunga dalam vas
(NB: Collie adalah jenis anjing)
Perhatikan bahwa denotasi hiponim termasuk dalam denotasi superordinat (himpunan semua collie termasuk ke dalam himpunan semua anjing), tapi arti dari superordinat termasuk dalam arti dari hiponim (karakteristik menjadi seekor anjing adalah bagian dari karakteristik menjadi collie). Sebuah kalimat dengan hiponim (contoh: Ada Palomino di lapangan itu) lebih informatif daripada sebuah kalimat dengan superordinat yang sama (Ada seekor kuda di lapangan itu). Hubungan diantara dua kalimat (a) dan (b) berbeda, kalimat (a) berisi hiponim dan kalimat (b) berisi superordinat
Inggris memiliki leksem berbeda untuk pria dan wanita yang mana dilihat dari berbagai jenis hewan bahwa manusia memiliki peliharaan , salah satu dari keduanya digunakan ketika pengidentifikasian jenis kelamin itu tidak penting bagi orang yang sedang berbicara . Jadi, istilah bebek khusus perempuan dan istilah itik jantan khusus laki-laki termasuk dalam Istilah umum - konsep superordinat - yangmana juga bebek . Hubungan antara angsa dan angsa jantanmerupakan sebuah analog .
Berdasarkan pertimbangan lexel animal ( Palmer 1981:85-6 ) . Ini adalah sebuah ko-hiponim dari sayuran dan  mineral , yang ketiganya menurut dugaan meliputi segala sesuatu yang solid. Tapi kelas hewanentitas meliputi burung, ikan , reptil , serangga , amfibi dan hewan - , yangmana adalah, mamalia . Dan mamalia meliputi manusia dan organisme lainnya seperti monyet , kucing , anjing , ungulates , dll , semua tersebut yang membedakan antara manusia dengan hewan . Jadi yang kita memiliki:
Ini juga menggambarkan fakta bahwa hiponimi adalah hirarkis : satu istilahmungkin menjadi lebih tinggi tingkatannyadari berbagai hiponim dan pada saat yang samamenjadi sebuahhiponim yang memiliki beberapa tingkat yang lebih tinggi .
Kami sering menggunakan hiponim dalam bahasa sehari-hari (Cruse1986:91) . Kami mengatakan hal-hal seperti " X dan beberapa dari Y yang lain "atau" Dari semuaY yang Aku tahu , aku suka X yang terbaik, " di mana X adalah hiponim dan Y adalah superordinat .Untuk menentukan sebuah istilah sering memerlukan  pemberian superordinat yang merupakan sebuah hiponim. Dalam awal pembelajaran kami tentang bahasa ibu, kita peroleh istilah umum seperti permainan , alat , alat dan hewan termasuk dalam ketentuan hiponim. Di dalam contoh yang lain, tampaknya , kita cenderung untuk belajar kata superordinat tersebut ,seperti anjing atau bunga, sebelum mempelajari anjing yang berekor panjang, anjing yang berkaki pendek , anjing berbulu panjang... atau nasturtium , delphinium , crocus .... Ada juga leksem yang sangat umum ,super superordinates , seperti : hal, barang , tempat , orang .

5.4 SINONIM
6a Jack adalah seorang pelaut.
6b Jack adalah seorang pelayar.
Dengan asumsi bahwa Jack mengacu pada orang yang sama dalam dua kalimat ,maka jika 6a benar , 6b benar , jika 6b benar , 6a itu benar, dan jika salah satu adalahpalsu , yang lain adalah palsu. Ini adalah dasar kita untuk menetapkan bahwa pelautdan pelayar adalah sinonim : bila digunakan dalam predikat.Juga dengan samamengacu berekspresi, predikat.Juga memiliki nilai kebenaran yang sama . leksem pelaut dan pelayar adalah sinonim , kalimat 6a dan 6b adalahparafrase satu sama lain .Sinonim bisa nomina , seperti di 6a dan 6b , atau kata sifat , kata keterangan ,atau kata kerja .
Sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinomin bisa disebut juga dengan persamaan kata atau padanan kata.Jadi sinonim merupakan hubungan kata yang saling timbal balik dan bergantung, dapat dikatakan, sinonim meliputi hiponim.
·         Contok kalimat yang menjelaskan kalimat lain dapat dilihat seperti dibawah:
11a Mr Jenkins is our postman. (Pak Jenkins adalah tukang pos kami)
11b Mr Jenkins is the person who delivers our mail. (Pak Jenkins adalah petugas yang mengirim surat kami)
Dalam kasus ini, kalimat “person who delivers (our) mail” adalah sebuah contoh kalimat penjelas dari kata “(our) postman”, namun dalam hal ini kita tidak dapat menyebutkan hubungan tersebut adalah sinonim. Karena sinonim umumnya sama-sama hanya satu kalimat. Kalimat tambahan menjelaskan kata yang lebih pendek, namun tidak berlaku sebaliknya. Seperti halnya ketika kita belajar sebuah bahasa, kita sering medapati kata-kata seperti “postman” namun dijelaskan dalam beberapa kata lainnya.
Umumnya kamus menyajikan beberapa daftar kata sinonim dan padan katanya, dan terkadang ada juga kamus khusus sinonim. Namun sinonim tidak sesederhana itu, misalnya ada dua kata yang mempunyai tingakatan yang tidak sejajar dan tidak dapat digunakan bersamaan apabila sesuai dengan kaidah penyusunan kata, namun terkadang dua kata tersebut bergabung dan saling mendukung untuk menjelaskan istilah tertentu. Tentu akan sangat percuma apabila ada dua istilah yang  sama terdapat dalam sebuah bacaan dan dengan arti yang sama pula.
Tetapi sinonim bukanlah permasalahan yang sederhana, untuk dua makna yang tidak pernah memiliki persamaan tingkatan yang berhubungan dengan sintaksis, dan bahkan dimana kata tersebut  memberikan dan membuat prediksi tentang kelas yang sama dari ungkapan yang berhubungan, kata tersebut mungkin memberikan pendapat yang berbeda- beda. Hal itu akan menjadi tidak efektif untuk suatu bahasa yang memiliki dua istilah yang muncul di dalam konteks dan arti yang sama.
5.5  ANTONIM

16a Alvin sedang menonton televisi sekarang.
16b Alvin tidak menonton televisi sekarang.
Dua kalimat yang berbeda dalam sifat berlawanan seperti yang saling bertentangan. Jika salah satu benar, yang lain pasti salah. Dua kalimat yang memiliki subjek yang sama dan memiliki predikat yaitu antonim juga saling bertentangan.
17a Televisi pada saat ini.
17b Televisi pada saat dulu.
18a Mr Adams adalah orang tua.
18b Mr Adams adalah pemuda.
19a Jalan lebar di sini.
19b Jalan sempit di sini.

Leksem seperti on dan off, tua dan muda, lebar dan sempit adalah pasang antonim. Antonim bisa berupa kata benda seperti kata kerja Komunis dan non-Komunis atau misalnya kemajuan kemunduran, tapi pasangan antonymous kata sifat banyak dijumpai. Inggris mempunyai berbagai pasang ukuran kata sifat:
panjang              pendek                        tinggi               rendah
sempit                lebar                tinggi               rendah
tua                      muda               dalam              dangkal
lama                   baru                 tebal                tipis

Mereka mengukur kata sifat karena mereka dapat dikombinasikan dengan ekspresi pengukuran: empat meter, dua meter tua tinggi, sembilan belas tahun, dll Kami mencatat, pertama, bahwa kata sifat ini, seperti yang lain berkaitan dengan ukuran (misalnya banyak / sedikit, besar / kecil, berat / ringan) yang antonymous, dan, kedua, bahwa maknanya sangat tergantung pada topik yang berhubungan dengan, tikus besar tidak sebesar gajah kecil.
5.6  ANTONIM BINARY DAN NON-BINARY

Ada berbagai jenis hubungan antonymous. On dan off adalah antonim binary: lampu listrik atau radio atau televisi yang on atau off, tidak ada titik tengah. Pasangan binary lainnya terbuka / tertutup, mati / hidup, tidur / bangun. Tua dan muda istilah yang antonim non-binary dan begitu juga lebar dan sempit. Mereka adalah ujung berlawanan dalam skala yang mencakup berbagai istilah menengah: Mr Adams mungkin tidak tua atau muda, jalan mungkin sesuatu antara lebar dan sempit. (Antonim Non-binary juga disebut antonim kutub; seperti Kutub Utara dan Selatan, mereka di ujung berlawanan dengan wilayah antara mereka analog, antonim binary bisa disebut antonim belahan otak,. Seperti dengan Utara dan Selatan belahan bumi [atau Timur dan belahan Barat], tidak ada ruang di antara, hanya garis pembatas. Beberapa semanticists menggunakan istilah 'antonim pelengkap' di tempat 'antonim binary' dan 'bertentangan' bukan 'non-binary.')

Perbedaan antara binary dan antonim non-binary dapat ditampilkan dengan cara ini:
 






Kata sifat yang merupakan antonim non-binary dengan mudah dapat dimodifikasi: sangat tua, lebih muda, cukup lebar, sangat sempit, dan sejenisnya.

Logikanya
akan terlihat bahwa antonim binary tidak menerima pengubah suatu organisme hidup atau mati, pintu itu terbuka atau tertutup, lantai itu bersih atau kotor, seseorang itu tidur atau bangun. Tetapi bahasa tidak logika. Cukup mati, sangat hidup, terbuka lebar, sedikit kotor adalah ekspresi yang bermakna. Seperti yang kita lihat dari daftar di atas, kebalikan dari tua muda jika kita berbicara tentang makhluk bernyawa, tetapi sebaliknya dengan mengacu pada benda mati seperti koran. Kata sifat seperti tua yang berpartisipasi dalam dua perbedaan yang ambigu. Kontras pendek dengan panjang dengan mengacu pada pensil, seutas tali, atau perjalanan.

kata sifat non-binary juga merupakan kata sifat gradable. Kita dapat mengatakan, misalnya, sangat panjang, agak pendek, cukup kuat, agak lemah. Tua cukup muda, sangat kasar, benar-benar bahagia. Setiap ekspresi tersebut merupakan pengukuran - yang agak tidak tepat - terhadap beberapa norma atau standar. Standar ini mungkin atau mungkin tidak akan eksplisit, dan memang dalam menggunakannya sehari-hari bahasa tersebut biasanya tidak ada. Argumen tentang apakah sesuatu itu, misalnya, benar-benar lembut banyak sekali disebabkan oleh kegagalan untuk membentuk standar. Tentu saja, standar lebih mudah dibentuk untuk kata sifat deskriptif seperti panjang, berat, mahal daripada yang evaluatif seperti menyenangkan, pintar, atau melelahkan.

Dari sudut pandang logis kata sifat binary tidak gradable. Apa yang artinya mengatakan bahwa beberapa tindakan yang sangat legal, beberapa produk cukup sempurna, beberapa orang tertidur? Tetapi orang-orang memperlakukan kata sifat dasarnya ungradable seolah-olah mereka gradable. Sesuatu baik lengkap atau tidak lengkap, tapi kadang-kadang kita katakan lebih lengkap.

Beberapa pasang antonim secara morfologis berhubungan; salah satu anggota pasangan ini dibentuk dengan menambahkan awalan yang lain:
senang, tidak senang, tepat, tidak tepat, kepercayaan, ketidakpercayaan, mengikat, melepaskan;
Atau dengan mengubah awalan:
Menghembuskan napas, menarik napas, konvergen, divergen, kemajuan, kemunduran, mengembang, mengempis.
Lebih banyak contoh pasangan tersebut akan ditemukan dalam Bab 13.

Right Arrow: Kalimat (p) mempunyai arti sama dengan (q), begitu juga sebaliknya5.7. PERBANDINGAN DARI EMPAT HUBUNGAN
Persamaan kata
p          q ~p      ~q      table 1.1
(p) Jack adalah seorang pelaut ( seaman)
(q) Jack adalah seorang pelaut (sailor)
Right Arrow: Antara kalimat (p) dan (q) mempunyai makna yang sama, namun kata collie merupakan bagian  spesifik dari dog.Persamaan kata dan urutan spesifiknya
P          q ~q         ~p         table 1.2
(p) Rover adalah seekor anjing berbulu halus
(q) Rover adalah seekor anjing
Lawan kata tidak kembar
P            ~q q       ~p    table 1.3
(p) Luke adalah kaya                  kalimat (p) merupakan lawan kata dari kalimat (q)
(q) Luke adalah miskin
Lawan kata kembar
P          ~q ~p       q    table 1.4
(p) Jendela itu tertutup                  kalimat (p) adalah lawan kata dari kalimat (q)
(q)  Jenela itu terbuka
Jadi dapat disimpulkan bahwa table 1.1 dan table 1.4 adalah pencerminan dari yang lain. Jika salah satu dari keua kalimat itu benar maka yang lain benar, jika satu adalah salah maka yang lain adalah salah. Dari dua kalimat dengan table 1.4 , jika salah satu benar dan lainya salah dan salah satu salah maka yang lainya benar.

Text Box: above >< below
diatas >< dibawah


5.8 LAWAN KATA YANG BERTENTANGAN
(a) peta itu berada diatas papan tulis                            
(b) papan tulis berada dibawah peta
wife >< husband
 istri ><suami
 
 

(x) Sally adalah istri Jerry ( Sally adalah seorang istri dari Jerry)          
(y) Jerry adalah suami Sally ( Jerry adalah seorang suami dari Sally)
Contoh lawan kata yang sudah umum misalnya dalam silsilah kekeluargaan : suami dari/istri dari, majikan dari/pegawai dari. Serta lawan kata yang berhubungan denga arah : iatas/dibawah, didepan/dibelakang, ikanan/dikiri, sebelum/sesudah, utara/selatan, diluar/didalam. Ada 3 pasang lawan kata dalam bidang predikat: member ke/ menerima ari, menjual ke/membeli dari, meminjamkan ke/meminjam dari.
Contoh: - ayah meminjamkan saya sedikit uang             meminjam ke – meminjam dari
              -saya meminjam sedikit uang dari ayah
Jika ayah memberikan uang ke saya, saya menerima uang dari ayah. Itu merupakan hubungan antara sumber dan sasaranya.
Dalam contoh kalimatnya kata kerja dan objeknya mempunyai aturan seperti hubungan sebab, tema atau karena disengaja. Contoh Kalimat lawan kata ada objek aslinya menjadi subyek, dan kata kerjanya dibuat bentuk pasif .



Contoh lawan kata yang bertentangan
lend                 borrow                          
husband           wife
above               below
before              after
behind             in front of
buy                  sell
give                 receive
parent              child
speak               listen




dalam bahasan lawan kata ini kita mengakui dalam lawan kata yang tidak kembar seperti rich dan poor, dengan kelasnya. Dan lawan kata kembar seperti asleep dan awake, dengan tidak ada.ada juga hubungan ukuran dengan apa yang terjadi, misalnya more atau less, over dan under.jika give dan received itu bukan merupakan hubungan antara yang terjadi dengan skalaya.

5.9 SIMETRI DAN TIMBAL BALIK
Khusus jenis converseness adalah penggunaan istilah tunggal dalam hubungan simetris, terlihat dalam contoh-contoh
30 garis ab sejajar dengan garis cd
30 b garis cd adalah sejajar dengan garis ab

Hubungan ini juga dapat dinyatakan sebagai:
30c garis ab dan cd garis yang sejajar satu sama lain
Atau hanya sebagai:
30d garis ab dan cd garis sejajar

Untuk generalisasi, jika x adalah predikat simetris, hubungan kapak b juga dapat dinyatakan sebagai bxa dan bx (satu sama lain). di sini 'a' dan 'b' pertukaran peran tema dan fitur associate.the [saudara] dan [pasangan] masing-masing simetris (c saudara - D _D saudara-C, E pasangan-pasangan dari ff E)
Setiap kalimat di bawah ini berisi predikat simetris didahului oleh salah satu ekspresi merujuk dan diikuti oleh yang lain. Ungkapkan kembali mereka dengan subjek senyawa yang berisi ekspresi merujuk, untuk contoh, "sudut BAC sama dengan sudut ACB" harus diubah menjadi "Angle BBAC dan sudut ACB adalah sama (satu sama lain)

a. Kotak ini adalah ukuran yang sama seperti keranjang yang
b. Sean menikah dengan eileen
c. Hijau adalah tetangga dari kentang
d. Jawaban Anda adalah didamaikan dengan jawaban saya
e. Gambar adalah cougruent dengan gambar B
f. pelaut ini identik dengan pelaut
g. gambar anak Anda menarik secara praktis identik dengan gambar anak saya dibuat
h. gambar ini sangat berbeda dari gambar itu. Aku akan mengatakan.
i. Bahkan, yang satu ini membuat kontras yang kuat satu dengan yang lain
j. Janice menceritakan  ke josie
k. Bank  berdekatan  ke apotek
l. Pet bertemu paula pukul tiga

Contoh lain dari predikat simetris muncul dalam kalimat-kalimat ini:
31 truk mirip dengan bus
32 garis AB memotong garis CD
33 hampton jalan menyatu dengan jalan yang luas
34 minyak tidak bercampur air

Kalimat berikut ini telah predikat yang apper menjadi simetris tetapi tidak
35a truk bertabrakan dengan bus
36a tom setuju dengan ann
37a prescott sesuai dengan dudley
38a yang  risetdepertement pasar berkomunikasi dengan depertement penjualan

Jika truk bertabrakan dengan bus, tidak necessarly benar bahwa bus collieded dengan truk (35), dan pengamatan analog dapat dibuat sekitar 36 a-38 a. di sisi lain, di
35b truk dan bus bertabrakan
36b tom dan ann setuju
37b prescontt dan Dudley sesuai
38b departemen riset pasar dan penjualan depertment berkomunikasi
Kami diberitahu bahwa truk bertabrakan dengan bus dan bus dengan truk, dan tindakan adalah juga simetris di 35b-37b. (34b-37b adalah ambigu karena mereka berdiri, tentu saja, karena kalimat-kalimat ini mungkin bahwa hasil elipsis : truk dan bus bertabrakan dengan taksi, tom sebuah ann setuju dengan saya, dan sebagainya). Kata kerja dalam kalimat ini adalah predikat timbal balik, bukan predicators simetris. Jika x adalah predikat timbal balik, hubungan axb tidak berarti bxa tapi bx dan tidak memerlukan axb dan bxa (mungkin mengesampingkan ambiguitas)
Predikat timbal balik sebagian besar verba seperti di kalimat 35-8 dan berikut ini:
Berdebat dengan-setuju - dengan konflik dengan rekan-beroperasi-dengan-berkorelasi dengan bersinggungan dengan menggabungkan--dengan-tumpang tindih dengan embrage melawan (dengan) pelukan
Predikat kata sifat simetris dikombinasikan dengan preposisi dengan, dari, atau ke:
1 a dan b adalah kongruen (sama lain)
= Adalah kongruen dengan b dan b adalah sama dan sebangun dengan (di mana "=" adalah tanda identitas sematic)
Sejalan Concentrix kongruen kontemporer identik intim simultan identik
2 A dan B berbeda (satu sama lain)
= A aquivalent dari B dan B berbeda dari A
berbeda
3 A dan B yang setara (satu sama lain)
= A setara dengan B dan B setara dengan A
Setara sama terkait
Sejalan Concentrix kongruen kontemporer identik intim simultan identik
2 A dan B berbeda (Satu sama Lain)
= A aquivalent bahasa Dari B Dan B berbeda bahasa Dari A
berbeda
3 A dan B Yang SETARA (Satu sama Lain)
= A SETARA Artikel Baru B Dan B SETARA Artikel Baru A
Setara sama terkait

5.10 EKSPRESI KUALITAS
 Kami belajar hyponyms dan superordinates dapat melempar cahaya pada beberapa istilah yang tampak pada awalnya menjadi sangat jauh dari topik ini, bilangan seperti semua, ada, beberapa, banyak, sedikit, apa arti kata-kata? bagaimana kita belajar untuk menggunakannya ketika kami masih sangat muda? Hampir pasti anak memperoleh penggunaan barang-barang sehubungan dengan frase nomina yang memiliki referen terukur. Diberitahu untuk menyingkirkan 'semua' mainannya, anak belajar bahwa ini berarti menempatkan diri boneka dan gerobak dan kelinci mainan dan bola. . . dan seterusnya sampai 'tidak' mainan masih keluar. Yang dimaksud pada (atau tidak ada) diperoleh dalam konteks yang serupa: bukan boneka dan bukan wagon dan bukan kelinci mainan. . . . semantisicts dapat menjelaskan leksem ini dengan cara yang lebih canggih seperti ini:
Mengingat satu set X yang terdiri dari X1, X2, X3,. . . . Xn, semua X = X1 X2 & & X3. . . & Xn, tidak ada X = ~ ~ X1 & X & ~ X3. . . ~ Xn. Mos canggih, mungkin, tapi tidak lebih mencerahkan.
Arti beberapa, banyak (atau banyak dalam frase nomina terhitung) dan sedikit (sedikit NP terhitung) tidak jelas, dan ketidakjelasan yang ada dengan persetujuan diam-diam dari komunitas bahasa. Dalam kelompok 10 item, beberapa adalah 2, 3, atau mungkin 4, banyak, atau banyak, adalah 9, 8, 7 atau mungkin, dan beberapa adalah setiap angka dari 2 hingga 9. Seorang pembicara dapat menggunakan istilah-istilah ini dalam cara yang dapat diterima tanpa harus mengharapkan untuk mengetahui jumlah yang tepat.
Logikanya, semua termasuk beberapa, sedikit dan banyak. Jadi seseorang yang memberitahu kita bahwa ia telah melakukan beberapa latihan yang ditugaskan, ketika ia sebenarnya telah melakukan semua dari mereka, tidak berbohong. Secara pragmatis, namun, beberapa ini berbeda dengan semua. Jika aksen pembicara kami __ kata "Aku sudah melakukan BEBERAPA tugas __ aksen memberikan beberapa fokus paradigmatik dan berfungsi untuk mengecualikan setiap beberapa selain quantifier .
belajar tentang hyponymy mengungkapkan beberapa fakta menarik tentang istilah-istilah kuantitatif , sebagai Barwise dan tembaga ( 1982) dan Larson ( 1990) telah menunjukkan . Mempertimbangkan, pertama, predikat dua argumen seperti mengejar dan subjek yang mencakup semua .
39a Semua anjing mengejar kucing à Semua collie mengejar kucing
39b Semua collie mengejar kucing ~ à Semua anjing mengejar kucing
39c Semua anjing mengejar kucing ~ à Semua anjing mengejar angras
39d Semua anjing mengejar angoras à Semua anjing mengejar kucing
Terjadinya istilah atasan dalam subjek (di sini anjing ) memerlukan truthof proposisi yang sama yang mengandung salah hyponym , digambarkan di sini dengan collie , tapi statemen tentang totalitas hyponym mengarah ke ada kesimpulan tertentu mengenai atasan tersebut . Sebaliknya , terjadinya atasan dalam objek (di sini kucing , yang berarti ' beberapa kucing ' ) tidak menghasilkan kesimpulan mengenai hyponym tersebut , (beberapa ) angoras , tapi accurrence dari hyponym dalam posisi objek memerlukan kebenaran proposisi yang sesuai dengan superordinat .
Perhatikan, kebetulan, ini kasus khusus dari 39a:
Semua anjing mengejar kucing à rover mengejar kucing dan ini kasus khusus dari 39d:
Semua anjing mengejar kucing
à Semua anjing mengejar beberapa kucing.
Quantifier tersebut tidak juga mengungkapkan totalitas, tetapi memiliki peran yang agak berbeda dalam entailment, sebagai kalimat 40a-d menunjukkan
40a ada anjing mengejar kucing à ada collie mengejar kucing
40b ada collie mengejar kucing à ada anjing mengejar makan
40c ada anjing mengejar kucing à ada anjing mengejar kucing
40d ada anjing mengejar angoras à ada anjing mengejar kucing
BEBERAPA
(A) Beberapa anjing mengejar kucing ~
à Beberapa collie mengejar kucing
(B) Beberapa collie mengejar kucing à Beberapa anjing mengejar kucing
(C) Beberapa anjing mengejar kucing ~ à Beberapa anjing mengejar angoras
(D) Beberapa anjing mengejar angoras à Beberapa anjing mengejar kucing
FEW
(A) Beberapa anjing mengejar kucing ~
à Beberapa collie mengejar kucing
(B) Beberapa collie mengejar kucing ~ à anjing Beberapa mengejar kucing
(C) Beberapa anjing mengejar kucing à Beberapa anjing mengejar angoras
(D) Beberapa anjing mengejar angoras ~ à anjing Beberapa mengejar kucing
BANYAK
(A) Banyak anjing mengejar kucing ~
à Banyak collie mengejar kucing
(B) Banyak collie mengejar kucing ~ à Banyak anjing mengejar kucing
(C) Banyak anjing mengejar kucing ~ à Banyak anjing mengejar angoras
(D) Banyak anjing mengejar angoras à Banyak anjing mengejar angoras

Tabel di bawah ini merangkum fakta-fakta - apakah atau tidak, untuk setiap bilangan tersebut, para atasan, atau istilah generik memerlukan hyponyms atau istilah tertentu, sebagai subyek (istilah pertama) dan sebagai objek (masa jabatan kedua).
Leksem terkait dengan leksem lain pada berbagai kriteria semantik . teori medan mencoba untuk menemukan set leksem sehingga anggota pangsa set beberapa fitur semantik ( s ) dan dibedakan dari satu sama lain dengan fitur-fitur lain yang didistribusikan secara sistematis . Set mungkin hirarkis , bagian-keseluruhan , sekuensial , siklis , dan dapat membentuk paradigma struktural.
Semua masyarakat memiliki sistem kekerabatan , yang dapat dianalisis dalam hal fitur semantik beberapa yang co - terjadi. Fitur orangtua , anak , saudara dan pasangan bersifat universal . Saudara tua dan muda diberi nama berbeda dalam beberapa kebudayaan . Angka jender berbeda dalam sistem yang berbeda , sehingga hubungan di sisi ibu mungkin memiliki nama yang berbeda dari yang di sisi ayah , dan similarlyfor keluarga pengantin wanita sebagai berbeda dari famiy pengantin pria . Entailments logis , parafrase , dan contracditions berasal dari conjutions , negatif, 'tidak'' dan kata ganti quantifier seperti' tidak ada ' ' seseorang ' hubungan makna semacam ini digunakan untuk membuat kesimpulan .
Kebenaran semantik bersyarat investites hubungan antara leksem yang dapat predikat kedepan mengacu expressions.Two predikat tersebut sama dapat berhubungan satu sama lain sebagai sinonim , sebagai hyponym dan atasan , atau . Di antara antonim wedistinguish biner dan non antonim biner; antonim non - biner adalah ujung-ujung skala sepanjang yang degress menengah yang ada , karena antonim biner tidak ada derajat menengah. Untuk setiap pasangan kalimat di mana predikat yang identik , antonymous , atau terkait sebagai hyponym - atasan tabel kebenaran dapat dibentuk , settingng tahu apa yang dapat diketahui tentang satu kalimat jika yang lain diketahui benar atau tidak benar .

Dua predidicates adalah convers antonim jika masing-masing jika setiap link noun pharases dalam peran tema dan asosiasi , frase nomina terjadi dalam peran terbalik dengan dua predikat , dan kalimat yang dihasilkan memiliki nilai kebenaran yang sama . predikat simetris juga menghubungkan frase nomina dalam peran tema dan asosiasi , frase nomina dapat dibalik tanpa mengubah kebenaran predikasi .

Bilangan seperti semua , beberapa , tidak dapat dipahami dan dijelaskan dengan membandingkan kalimat di mana istilah atasan dan hyponym yang dikontraskan dalam posisi subjek dan dalam posisi objek.


Related Articles:

5 comments:

  1. NIA ANGGARINI/26.10.6.2.161

    thanks very much for the explanation....over all the explanation is good enough.,
    but, im still confuse 'bout ANTONIM BINARY DAN NON-BINARY....can u repeat once again about that explanation...?? Thanks thee^^

    ReplyDelete
  2. Fendy Tama Saputra (261062093)
    Firstly, I wanna say thanks to the reviewers in reviewing this material. Overall, the review can catch the points, but the confusion is too much for me in the last review. Could you explain me more about what "antonim non - biner adalah ujung-ujung skala sepanjang yang degress menengah yang ada , karena antonim biner tidak ada derajat menengah." It will help me so much. Thanks a lot ^.^

    ReplyDelete
  3. assalamungalaikum
    my name is Muhamad Kuasa Hadi Tama / 26.10.6.2.156
    your review is good enough.
    i have one question
    what is the relationship between lexical and ranah lexical? can you explain it?
    thank :))

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaiku.
    I am Azizah Nur Hidawati/ 113221042.
    Thx for explain me about lexical.
    I am little confused about "Ekspresi Kualitas". what does it mean? should a word have "ekspresi kualitas"?
    thx you

    ReplyDelete
  5. Noer Rochimah
    26.10.6.2.165

    At the beginning of the explanation is clear enough,, but in the last point, "EKSPRESI KUALITAS", I think there are some sentences which can confuse the reader, for example "teori medan mencoba untuk menemukan set leksem sehingga anggota pangsa set beberapa fitur semantik ( s ) dan dibedakan dari satu sama lain dengan fitur-fitur lain yang didistribusikan secara sistematis . Set mungkin hirarkis , bagian-keseluruhan , sekuensial , siklis , dan dapat membentuk paradigma struktural.". What's the meaning.....???

    ReplyDelete