SHOW

SELAMAT DATANG | SEMOGA SITUS INI BISA BERMANFAAT DAN MENGINSPIRASI

Dropdown Menu

Tugas Kuliah: Kelas 7A Kelompok 4 | LEXICAL RELATION


RESUME CHAPTER V
LEXICAL RELATION

Kelompok 4
Ardian Purnomo 261062027
Any Fajria F       261062023
Arin Tika S         261062031 
Asih Prabawati   261062038

Lilis Nur Laili    113221181



5.1 Bahasa Lexeme                                                                
Lexeme diartikan sekumpulan kata dan bagaimana cara membedakan dari beberapa kumpulan kata yang memiliki kumpulan kata yang sama.
 Contoh:          a. Olahraga yang menggunakan bola ( tenis, badminton, golf, basket).
b. Penulis sastra ( puisi, novel, cerpen)
c. Warna ( merah, biru, hitam, hijau)
 Beberapa lexeme yang memiliki hubungan dengan bagian lainnya ( lengan meliputi jari dan ibu jari ). Dan beberapa kumpulan yang berurutan seperti;
• angka: 1, 2, 3, 4,....
• bulan: januari, februari, maret,....
• hari: minggu, senin, selasa,....
Beberapa kumpulan, kebanyakan sesuatu kecil, berbntuk paradigma. Kata laki-laki, wanita, anak laki-laki dan anak perempuan, semua penandaan manusia, yang dihubungkan satu dengan lain,menggunakan cara ini:
laki laki dewasa = pria
wanita dewasa = perempuan
anak laki laki = anak laki laki
anak perempuan=gadis

5.2 KEKERABATAN
Kerabatan sudah universal sejak semua manusia berhubungan dengan manusia lain melalui golongan darah dan melalui perkawinan, tapi sistem kekerabatan ini hanya bedakan dari masyarakat ke masyarakat. Satu hubungan adalah satu semacam sebutan.
 Contoh:
 Harold adalah ayahnya Alice, dan Rose adalah kakaknya Jery.
 Disini dikatakan bahwa Harold adalah ayah dari Alice, dan Rose disimpulkan kakak dari Jery.
Beberapa hubungan sebutan pada semua sistem kekerabatan dapat dideskripsikan dengan empat macam, yaitu: orangtua, keturunan anak, saudara kandung, dan suami/istri. Dan membutuhkan componen jenis kelamin yaitu laki laki dan perempuan, dengan menggunakan simbul “M” untuk laki laki, dan “F” untuk female.mengombinasi kan “M” dan “F” ke dalam 4 fitur dasar memberikan definisi dari 8 sebutan: father=M orangtua, mother=F orangtua, saudara kandung laki laki=M saudara kandung, saudara perempuan= F saudara kandung, anak laki laki=M anak, anak perempuan= F anak, suami=M suami, istri=F istri. Disamping itu juga digunakan untuk mengombinasikan dari hubungan seperti nenek=orangtua dari F, kakek= orangtua dari M, cucu perempuan=keturunan anak dari F,dan cucu laki laki= keturunan anak dari M
5.3 Hiponim

Hiponim adalah suatu kata atau frasa yang maknanya tercakup dalam kata atau frasa lain yang lebih umum, yang disebut (hipernim). Hiponim adalah semacam relasi antara kata yang berwujud atas-bawah atau dalam suatu makna terkandung sejumlah komponen yang lain. Karena ada kelas atas yang mencakup sejumlah komponen yang lebih kecil dan ada kelas bawah yang merupakan komponen-komponen yang tercakup dalam kelas atas, maka kata yang berkedudukan di kelas atas ini disebut superordinate (hipernim) dan kata yang berada dibawah disebut hiponim.
Suatu hiponim adalah anggota kelompok dari hipernimnya dan beberapa hiponim yang memiliki hipernim yang sama disebut dengan Co-hiponim. Beberapa ahli semantic lebih suka menggunakan kata “hipernim” dari pada “superordinate”.
Contoh :
1a. Rove adalah seekor Collie.
1b. Rove adalah seekor Anjing.
2a. Ada tulip di dalam vas.
2b. Ada bunga di dalam vas.
Hubungan antara kalimat itu sejajar. Istilah Collie adalah hiponim dari Anjing, dan Tulip adalah hiponim dari Bunga. Anjing dan Bunga adalah superordinate (hipernim) dari Collie dan Tulip.
Contoh diatas hiponim dan superordinate (hipernim) nya adalah kata benda. Hiponim dan superordinate (hipernim)  juga bisa ditemukan dalam bentuk kata sifat dan kata kerja.
Contoh :
4a. Dasiku berwarna Maron.
4b. Dasiku berwarna Merah.
5a. Prajurit yang lelah berjalan tertatih.
5b. Prajurit yang lelah bergerak maju.
Terkadang kita menemukan Co-hiponim tanpa ada  superordinate (hipernimnya).
Contoh :
Dalam bahasa Portugis                        didalam bahasa inggris tidak memiliki hipernim
Tahler                                                              ?

Face  Garfa  Cother                                    Knife fork Spoon

5.4 Sinonim

Sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinomin bisa disebut juga dengan persamaan kata atau padanan kata. Sinonim adalah relasi makna antarkata (frasa atau kalimat) yang maknanya sama atau mirip. Di dalam suatu bahasa sangat jarang ditemukan dua kata yang bersinonimi mutlak.
Contoh :
6a. Jack is a seaman. (Jack adalah seorang pelaut)
6b. Jack is a sailor. (Jack adalah seorang pelaut)
Dari kalimat 6a dan 6b tersebut kita dapat mengetahui bahwa kata seaman memiliki makna yang sama dengan sailor, yang berarti pelaut. Sinonim dapat berupa kata benda, kata sifat, kata keterangan, dan kata kerja.
Contoh kalimat yang paraphrasenya berbeda:
11a. Mr.Jenkins is our postman.
11b. Mr.Jenkins is the person who delivers our mail.
Pada kalimat diatas orang yang mengirimkan surat (kami) adalah parafrase dari istilah kata tukang pos, tapi kita tidak dapat menyebutnya sinonim. Dari 2 parafrase tersebut, kalimat 11a secara langsung sudah kita pahami maknanya, bahwa Pak Jenkins adalah tukang post. Tetapi pada kalimat 11b, kalimatnya terlalu panjang, sebenarnya maksud kalimat itu hanya menjabarkan bahwa Pak Jenkins adalah seorang tukang pos (postman). Jadi dari contoh di atas kita tidak bisa mengatakan bahwa kalimat itu sinonim.
Sinonim memiliki leksem tunggal dan bermakna ganda. Perlu diketahui meskipun sinonim merupakan persamaan makna namun persamaan tersebut hanyalah kemiripan saja. Maksudnya meskipun maknanya sama tetapi dalam konteks kalimat masih menunjukan adanya perbedaan. Misalnya, kata mati bersinonim dengan meninggal, wafat, tewas, dan gugur tetapi pemakaiannya berbeda. Kata mati di gunakan untuk binatang dan tumbuh-tumbuhan, sedangkan kata meninggal untuk manusia. Kata wafat, tewas dan gugur juga untuk manusia dan terasa lebih halus dari kata meningggal.
5.5 Antonim
16a. Alvin is watching television now. (Alvin sedang menonton televisi sekarang)
16b. Alvin isn’t watching television now. Alvin sedang tidak menonton televisi sekarang.
Kedua kalimat diatas mempunyai makna yang berlawanan yaitu kedua kalimat tersebut bermakna saling berlawanan (mutually contradictory). Jika salah satu kalimat bermakna benar maka kalimat yang satunya bermakna salah. Dua kalimat tersebut mempunyai subjek yang sama dan mempunyai predikat yang berlawanan. Itu disebut mutually contradictory (saling berlawanan).
17a. The television is on now. (Televisi sedang nyala sekarang)
17b. The television is off now. (Televisi sedang mati sekarang)
18a. Mr. Adam is an old man. (Pak Adam adalah seorang laki-laki tua)
18b. Mr. Adam is a young man. (Pak Adam adalah seorang laki-laki muda)
19a. The road is wide here. (Jalan ini lebar)
19b. The road is narrow here. (Jalan ini sempit)
Beberapa leksim seperti nyala dan mati, tua dan muda, lebar dan sempit adalah contoh dari pasangan yang berantonim. Antonim adalah lawan kata, dan ketika itu menjadi sebuah kalimat dimana memiliki subjek yang sama dan itu sebagai predikat maka disebut contradictory.
Dalam bahasa inggris terdapat beberapa pasangan dalam penggunaan kata sifat:
Long                Short                Tall                  Short
High                Low                 Wide                Narrow
Old                  Young              Deep                Shallow
Old                  New                 Thick               Thin                
Kata sifat tersebut dapat dikombinasikan dengan beberapa ekspresi yang berbeda, contohnya: four feet long, two meters high, nineteen years old, etc.
5.6 Binary and non-binary antonyms
Ada beberapa jenis perbedaan dari hubungan antonim. On dan Off termasuk Binary Antonyms. Contoh: An electric light or a radio or a television set is either on or off. Contoh lain dari Binary Antonyms adalah open/shut, dead/alive, asleep/awake. Sedangkan old old dan young termasuk non-binary antonyms.
Binary atau non-polar antonim adalah dua buah kata yang berlawanan dan tidak dapat di ukur. Sebagai contohnya: dead dan alive. Kedua kata tersebut termasuk binary antonyms, karena jika ada kata dead/ mati maka sudah dipastikan lawan kata tersebut bermakna alive/hidup. Sedangkan non-binary antonyms atau polar antonim adalah dua buah kata yang berlawanan dan bisa di ukur atau berkaitan dengan ketepatan ukuran (exact measurement). Sebagai contohnya: old dan young. Kata sifat tersebut bisa di modifikasi menjadi very old atau rather young. Jadi bisa dilihat dari contoh tersebut bahwa non-binary antonyms terdapat spasi yang bisa dimodifikasi.


Untuk lebih jelasnya perbedaan Binary and non-binary antonyms bisa dilihat pada diagram dibawah ini:


                                       Binary antonyms                non-binary antonyms
Itulah perbedaan binary antonyms dan non-binary antonyms.
Untuk lebih jelasnya lagi bisa dilihat contoh lain dari binary antonyms dan non-binary antonyms dibawah ini.
Binary antonyms                                                                     Non-binary antonyms
1.      Dead                       Alive                                                    1. Tall                          Short
2.      On                          Off                                                       2. Expensive                Cheap
3.      Legal                      Illegal                                                  3. Hot                          Cold
4.      True                        False                                                   4. Fast                         Slow

5.7 A comparison of four relations
Synonyms
(p) Jack is a seaman.   (Jack adalah seorang pelaut)              
(q) Jack is a sailor.      (Jack adalah seorang pelaut)
<=> q ~p <=> ~q   
Hyponym and Superordinate
(p) Rover is a collie.
(q) Rover is a dog.      
p  <=> q ~q <=> ~p
(Simbol <=> Meunjukan Keterlibatan ganda : kebenaran [ p ] memerlukan
kebenaran [ q ] , dan kebenaran [ q ] memerlukan kebenaran [ p ] .)
Non-binary antonyms Binary antonyms
(p) Luke is rich.           (Luke Kaya)
(q) Luke is poor.          (Luke Miskin)
à ~q q à ~p
Non-binary antonyms Binary antonyms
(p) The window is open.         (Jendela Terbuka)
(q) The window is closed.       (Jendela Tertutup)
p <=> ~q ~p à q
Kita dapat melihat dari tabel ini bahwa synonyms dan binary antonyms merefleksikan gambar satu dengan yang lain, jika salah satu dari dua kalimat yang berisi synonyms benar , yang lain juga benar, jika salah satu salah , yang lain juga salah. Dari dua kalimat dengan binary antonyms, jika salah satu benar , yang lain salah, dan jika ada yang salah , yang lain adalah benar. Non - binaries seperti binaries dalam kebenaran baik anggota dari pasangan memerlukan kesalahan dari anggota lain , tapi tidak seperti binary antonyms, keduanya anggota dari Pasangan non - binaries dapat salah. Hyponym dan superordinate adalah bentuk pasangan yang berbeda : kebenaran hyponym yaitu memerlukan kebenaran superordinate, dan kesalahan superordinate  memerlukan kesalahan dari hyponym tersebut .

5.8 Converse antonyms
Untuk menggambarkan synonymy, hyponymy dan antonymy yang sebelumnya  kami presentasikan dalam pasangan  kalimat , setiap kalimat dari pasangan memiliki subjek yang sama dan predikat yang berbeda , masing-masing memiliki predikat valensi satu - hanya ada subjek dan ada ekspresi yang merujuk lainnya . Kalimat pasangan berikutnya  mengandung predikat converse , yang tentu memiliki 2 valensi atau lebih .
20a  Peta di atas papan tulis .
20b  papan tulis di bawah peta .
21a  Sally istri Jerry . ( Sally adalah istri dari Jerry )
21b  Jerry adalah suami Sally . ( Jerry adalah suami dari Sally )
Converseness adalah semacam antonim antara dua istilah . untuk setiap dua converse relasional istilah X dan Y , jika [ a] adalah X dari [ b] , kemudian [ b] adalah Y dari [ a] . Di 20a Peta memiliki peran Tema dan papan tulis adalah Peran dari Asosiasi , dalam 20b peran dibalik . Hal yang sama berlaku untuk Sally dan Jerry di 21a ​​dan 21b .
Jika A memberikan X ke B , B menerima X dari A. Ketiga pasangan ini dari predikat yang dibangun di sekitar hubungan sumber dan tujuan, yang kita kaji dalam Bab 6 .
23a Danny memecahkan jendela .
23b Sebuah jendela di rusak ( oleh Danny ) .
24a Olga menulis essay yang mengagumkan .
24b Sebuah essay yang luar biasa ditulis ( oleh Olga ) .
25a Simon memanjat dinding.
25b Dnding itu di panjat ( oleh Simon ) .
26a Paket ini beratnya dua kilo .
26b * Dua kilo adalah / timbangan paket ini .
Dalam pembahasan sederhana tentang antonymy , kita dapat mengenali non-binary
Antonyms seperti dalam kata rich dan poor, dan binary antonyms,
seperti asleep dan awake, yang tiada . Dalam hubungan converse kata sifat memungkinkan untuk gradience – yang lebih banyak A dan kurang A , dengan skala sepanjang  jumlah " lebih" atau "kurang . " hubungan Converse dengan bagian lainnya seperti binary antonymy: orang tua dan keturunan , atas dan bawah , memberi dan menerima , karena hal ini tidak ada hubunganya dengan apa yang terjadi pada skala.

Ada kendala praktis converseness . meskipun kita dapat mengatakan A newspaper kiosk is in front of the Grand Hotel, ini akan menjadi sulit untuk megatakan tentang Grand Hotel di belakang kios koran . Converseness membutuhkan dua argumen , tema dan asosiasi , menjadi ukuran yang sama , pangkat , atau kepentingan. Talmy ( 1975) menggunakan istilah figure dan ground untuk entitas peringkat yang tidak sama seperti ini .
5.9 Symmetry and Reciprocity
            Sebuah kalimat dikatakan memiliki hubungan secara simetris (symmetrical relationship) apabila hubungan A dan B dapat dinyatakan B dan A.
Contoh:
1a Line AB is parallel to line CD
1b Lina CD is parallel to line CD
Hubungan antar keduanya dapat pula dinyatakan dengan kalimat berikut:
1c Line AB and line CD are parallel each other.
Dapat pula dinyatakan dengan kalimat yang lebih sederhana seperti di bawah ini:
1d Line AB and line CD are parallel
Predikat dari kalimat yang memiliki hubungan simetris biasanya berupa:
a.       Kata sifat (adjective) yang dikombinasikan dengan preposisi (preposition) with, from, atau to
Contoh:

A and B are congruent (each other) = A is congruent with B dan B is congruent with A


b.      Participle yang berasal dari causative verbs
Contoh:

A combines X and Y = A combines X with Y and  Y with X

Berbeda dengan hubungan simetris sebuah kalimat, hubungan kalimat dikatakan timbal balik (reciprocal relationship) apabila predikat dari kalimat tersebut berupa kata kerja (verb).
Perhatikan contoh di bawah ini!

Tom agreed with Ann.

Kalimat diatas sekilas terlihat seperti simetris tetapi bukan. Kalimat tersebut merupakan contoh hubungan reciprocal karena predikat kalimat tersebut berupa kata kerja (verb).

5.10 Expression of Quantity

            Arti kata some, many, dan view dalam sebuah kalimat tidak jelas (vague). Dalam sebuah grup yang terdiri dari 10, a few bias berarti 2, 3, atau 4; many  bias berarti  7, 8, atau 9; some berarti antara 2 sampai 9. Secara logika, all termasuk some, few, dan many.
            Study tentang hiponim memunculkan satu fakta tentang istilah-istilah ynag digunakan untuk menyatakan jumlah (quantity).
Contoh:
2a All dogs chase cats à All collies chase cats
2b All collies chase cats à All dogs chase cats
2c All dogs chase cats  à All dogs chase angoras
2d All dogs chase angoras à All dogs chase cats




Related Articles:

9 comments:

  1. 113221083 Dwi Maryati

    Good summary :) brief and wide,, and enough to understand.

    ReplyDelete
  2. anna muslimah (26.10.6.2.020)
    This summary is good. it is clearly and easy understand it. thank you ^_^

    ReplyDelete
  3. anggi nur prihatini (26.10.6.2.017)
    its good summary. i get the point about that...good job...

    ReplyDelete
  4. Lia. Aquarista ( 261062262)
    I think your summary is good enough, I can understand your summary. thanks :)

    ReplyDelete
  5. i want to ask about "p à ~q q à ~p" what is mean about that? I dont understand and of all good enough about the summaries. thank you :) good job guys :) ;*

    Ashrinta Afro' Nafisah (26.10.6.2.037)

    ReplyDelete
  6. Nice Summary, guys... but be carefull with the uncorrect typing.
    Thx.. ^Dina Febriana^ / 26.10.6.2.066

    ReplyDelete
  7. that's good summary..... what is synonym ? is it synonym that have same lexical meaning or conceptualm meaning ?

    akhmad alwi ^^

    ReplyDelete
  8. in my opinion your summary about "LEXICAL RELATION" is good and enough to understand.:)
    Marwiyah

    ReplyDelete
  9. Febiarizky Ayuningtyas (113221112)

    This is a good summary, the explanation is clear, to the point, and easy to understand.

    ReplyDelete