SHOW

SELAMAT DATANG | SEMOGA SITUS INI BISA BERMANFAAT DAN MENGINSPIRASI

Dropdown Menu

Tugas Kuliah: Kelas 7A PBI | PERANAN-PERANAN SEMANTIK

Ringkasan mateeri Semantik BAB 4
Akhmad Alwi (26.10.6.2.011)
Ana Qomariah (26.10.6.2.014)
Anna Zubaida (26.10.6.2.021)
Bayu Agus Setiaji (26.10.6.2.043)
Lika Nurhayati (113221177)
Kelas 7A PBI

PERANAN-PERANAN SEMANTIK

4.1 KALIMAT DAN PROPOSISI.

Kalimat secara tradisional didefinisikan sebagai “ sesuatu yang mengekspresikan sebuah gagasan/pikiran/ide yang utuh atau komplit. Definisi ini mejadi cukup asing dan aneh ketika kita sudah tahu apa itu gagasan gagasan yang utuh dan dengan pengetahuan ini kita dapat menentukan apakah sesuatu itu disebut kalimat atau bukan. Tetapi dengan yakin, prosedur nya harus berbalik karena kalimat itu lebih bisa diketahui daripada gagasan-gagasan atau ide ide. Meskipun individu individu pengucap bahasa berbeda beda tetapi secara umum mereka setuju tentang apa itu kalimat dan apa itu bukan kalimat pada bahasa mereka sendiri.

Bandingkan ekspresi ekspresi bahasa berikut ini :
1a. We walk in the park.
1b. our walk in the park
1c. for us to walk in the park
Kita sebut 1a sebagai klimat lengkap dan di dalam menulisnya kita memulainya dengan sebuah huruf besar dan mengakhirnya dengan tanda titik. Kita sebut 1b dan 1c bukan kalimat yang lengkap. Tetapi dari ketiga ekspresi tersebut mempunyai semantik content yang sama tetapi mempunyai gramatikal yang berbeda. Ekspresi yang pertama menyatakan sebuah pernyataan/ statement dan 2 yang lain dapat menjadi bagian bagian dari suatu pernyataan atau statement ,contohnya :
We enjoyed our walk in the park.
It’s not too late for us to walk in the park.
Tetapi kedua kalimat tersebut tidak membentuk pernyataan yang tegas oleh kedua kalimat itu sendiri. Dan perbedaan antara ketika ekspresi tersebut terletak pada “ contohnya : we , our dan us “ merupakan masalah grammer bukan semantik.
Semantik content yang diberikan ketika ekspresi tersebut adalah Sebuah preposisi. Sebuah pernyataan yang sederhana seperti We walk in the park mengekspresikan sebuah proposisi yang sederhana. Kemudian We don’t walk in the park adalah sebuah negasi dari proposisi tersebut lalu Do we walk in the park ? merupakan sebuah bentuk pertanyaan dari proposisi tersebut.
Sebuah proposisi dapat di ekspresikan dalam kalimat yang berbeda beda.
2a.Helen put on a sweater.
2b. Helen put a sweater on
2a dan 2b merupakan kalimat bahasa inggris yang berbeda, tetapi kedua kalimat tersebut menyampaikan pesan yang sama itu berarti kedua kalimat tersebut mengekspresikan proposisi yang sama.
3a Richard wrote the report.
3b. Richard is the one who wrote the report.
3c. The report was written by Richard.
3d. The report is what  Richard wrote.
Kita boleh mengatakan bahwa ke 4 kalimat tersebut juga mengekspresikan sebuah proposisi tunggal tetapi ke 4 kalimat tersebut berbeda dalam fokusnya. 3b dan 3c  memberikan tekanan yang spesial pada Richard , 3d menekankan pada the report-nya dan 3a tidak mempunyai fokus khusus. Dalam pendekatan yang diambil disini, sebuah proposisi tidak mempunyai sebuah fokus; sebuah kalimat mungkin menambahkan sebuah fokus dan mungkin menambahkan fokus tersebut dalam tempat-tempat dan cara-cara yang berbeda. 4 kalimat tentang Richard tersebut membubuhkan proposisi yang sama.
Sebuah proposisi kemudian dapat dicapai sebagai beberapa kalimat yang berbeda.
Sekarang pertimbangkan kalimat ini :
4. Richard wrote a report and Helen did,too.
Beberapa orang yang mengetahui bahasa inggris mengakui bahwa kalimat ini memberitahu kita bahwa ada 2 maksud yaitu : bahwa Richard wrote a report dan bahwa Helen wrote a report. Kalimat tersebut tidak mengatkan ini dengan kata kata tetapi beberapa yang mengucapkanya mengetahui ini secara tersirat. Kalimat no 4 berisi 2 proposisi, ekspresi yang pertama di ekspresikan secara terus terang dan yang kedua – helen wrote a report – diketahui melalui fungsi dari kata DID dan TOO.
Sebuah proposisi adalah sesuatu yang abstrak tetapi penuh makna. Proposisi dapat di ekspresikan dalam kalimat yang berbeda dan dalam bagian bagian dari kalimat kalimat, mungkin dengan fokus yang berbeda tetapi selalu dengan makna dasar yang sama. Dan seperti yang kamu ingat, beberapa kalimat kalimat dapat di ekspresikan dalam ucapan ucapan/ tutur / ujaran yang berbeda, yang dihasilkan oleh orang orang yang berbeda pada waktu yang berbeda dan dalam tempat yang berbeda pula.
Secara scematik sebagai berikut :
                                                                                                                                                                                                                                                    
Sebuah kalimat bahasa inggris mempunyai  jenis jenis tertentu dari modifikasi itu, bersama ,kita mennyebutnya  infleksi. Infleksi meliputi tensis (contohnya perbedaan antara present walk dan past walked) , aspek  (are walking , have walked) dan modality (may walk , could walk , should walk, dan diantara possibilities yang lain) .     
 Tensis , aspek , dan modality dapat dikombinasikan, seperti dalam were walking , should be walking , would have walked. Ini semua merupakan element element semantik yang penting dan didiskusikan ditempat lain di dalam buku ini , terutama di dalam bab 10 dan 11, tapi kita pertimbangkan Infleksi secara terpisah dari proposisi tersebut. Sebuah skema umum untuk kalimat sederhana mempunyai bagian bagian yaitu :
Inflection + proposition (+ focus)

Tenses
Aspect
Modality
Penjelasan dari sebuah kalimat itu merupakan sebuah analisis sinteksis. Penjelasan atau pendescribsian dari sebuah proposisi merupakan sebuah analisis semantik. Sebuah analisis sitaksis adalah sebuah perhitungan atau laporan dari leksim dan fungsi kata kata dalam sebuah kalimat, mendeskribsikan bagaimana penggabungan penggabungan ini ke dalam frase , dan menunjukan fungsi fungsi itu bahwa lexeme lexeme dan frase frase ini berada dalam kalimat tersebut. Ada cara cara yang sedikit berbeda dalam melakukan analisis sinteksis, tapi secara umum fungsi fungsi kalimat ini dikenal : SUBJEK, PREDIKAT, OBJEK, COMPLEMENT / PELENGKAP dan ADVERBIAL / KETERANGAN.
Tabel 4.1 analisis sinnteksis kalimat-kalimat
Subject
Predicate
Object
Adverbial
A window
broke


Tom
broke
a window

Our dog
is

Under the house.
Denise
put
marmalade
on her toast.
Albert
sends
e-mail
to his friends.
Subject
Predicate
Complement

I
am
thirsty.

Hector
is
afraid.
of the dark
Mr Whipple
is
a banker.

Subject
Predicate
Indirect object
Direct object
Albert
sends
his friends
e-mail.

Catatan bahwa setiap lexeme dan fungsi kata di tetapkan pada salah satu dari fungsi sintaksis, subjek, predikat, dan yang lainnya dan fungsi fungsi ini didaftar dalam tatatertib aturan yang mereka punya dalam kalimat. Dengan demikian a window adalah subjek dari predikat broke dalam kalimat pertama dan objek dari predikat yang sama dalam kalimat kedua. Catatan juga bahwa predikat selalu sebuah kata kerja. Jika kita mengubah Albert sends his friends e-mail ke  Albert sent his friends e-mail, predikat tersebut berubah dari sends ke sent.
Semantik analisis menguraikan tentang makna, proposisi di ekspresikan dalam  kalimat, tidak perlu dengan semua fungsi fungsi kata dalam kalimat. Di dalam analisis semantik,pertama tama kita pisahkan dari proposisi. Kemudian kalimat Albert sends his friends e-mail dan Albert  sent his friends e-mail mempunyai proposisi yang sama, {Albert, send , Albert’s friends ,e-mail}. Pada kalimat pertama menambahkan Present tense ke pada proposisi itu dan kalimat kedua menambahkan past tense.
Ketika infleksi – termasuk didalamnya tenses – dipisahkan dari proposisi,kita lihat bahwa bentuk kata kerja verb be (am, is, are, was, were) tidak mempunyai makna. Tobe tersebut secara jelas merupakan bagian dari struktur sintaksis dari kalimat kalimat tetapi bukan struktur semantik. Dalam analisis semantik setiap proposisi berisi 1 predikat dan sejumlah ekspresi ekspresi yang berubah ubah  (noun frase )yang disebut arguments, seperti  a window, albert , marmalade, the house. Predikat mungkin berupa sebuah kata kerja, kata sifat, sebuah proposisi atau sebuah kata benda. Disini proposisi diekspresikan dalam kalimat kalimat diatas, dengan predikat yang digaris bawahi :
{break, a window}
{break, Tom , a window}
{under , our dog , the house}
{put-on , Denise , marmalade , Denise’s toast}
{Send , Albert , e-mail, Albert’s friends}
{thirsty, I}
{afraid-of , Hector , the dark}
{a banker , Mr Whipple}
Argument argumen yang menyertai predikat itu mempunyai fungsi semantik yang berbeda, atau peranan peranan, dalam proposisi. Apa peran peran yang argumen argumen punyai berdasarkan pada sebagian hakikat dari predikat dan sebagian pada makna yang argumen argumen itu miliki.
Struktur semantik dari proposisi itu dapat di presentasikan dengan cara ini :

argument
 

argument
 

argument
 

predikat
 








4.2 SEMANTIC ROLES
A window broke.
Tom broke a window.
Setiap kalimat yang sederhana minimal harus mempunyai satu predikat dan sejumlah acuan kata atau disebut dengan argumen. Makna dari predikat ditentukan dari bagian apa yang dimiliki oleh argumen-argumen itu dan bagaimana aturan yang dimiliki oleh argumen itu. Contohnya pada kalimat, A window broke, A rope broke, A plate broke semua kalimat itu mengandung predikat “break” dan satu argumen.
Pada kalimat A window broke, etc. acuan kata “a window”, “a rope”, “a plate” mempunyai aturan yang sama, seperti kata kerja “break”. Secara syntax kata-kata tersebut disebut sebagai subjek kalimat, tetapi terlalu umum jika dianalisis secara semantik.
Pertimbangan selanjutnya, Tom broke a window, Dick broke a rope, Hary broke a plate. Kalimat-kalimat tersebut mempunyai makna yang sama untuk window, rope, dan plate dari kalimat sebelumnya. Frase kata benda a window, a rope, and a plate secara syntax berfungsi sebagai obyek dari kata kerja dalam kalimat tersebut tetapi dalam semantic frase kata benda tadi masih memiliki makna yang dikenai pekerjaan. Kata Tom, Dick, dan Harry dalam kalimat juga berperan sebagai Agent role. Agent adalah sebuah bagian yang memperlihatkan siapa dan apa yang dikerjakan, sedangkan yang dikenai sebuah tindakan dinamakan affected.
Perbedaan predikat-predikat, kata sifat, preposisi bisa dideskripsikan menurut sejumlah acuan kata atau argumen-argumen yang terjadi dengan mereka dan aturan-aturan argumen yang dimiliki, jumlah argumen yang dimiliki predikat disebut valency dari predikat. Teori valency adalah deskripsi dari potensial semantik dari predikat pada jumlah dan tipe argumen yang mungkin terulang. Beberapa predikat, seperti break, mempunyai variable valency; valency pertama terdapat di A window broke dan valency kedua di Tom broke a window.
4.2.1 Valency Zero
Kalimat tersebut terdapat kata kerja snow dan subjeknya adalah it, tapi it tidak mempunyai arti. Kata snow adalah zero-argument verb. Contoh yang lain di antaranya :
It’s raining
It sleeted (yesterday)
It has been thundering (in the west)
Bahasa inggris mengenalkan tentang weather verb seperti rain, snow, sleet, thunder, tapi tidak merujuk kepada apapun. Tetapi dalam kalimat dharus diutarakan tenses dan aspek seperti rains, rained, is snowing, has been snowing dan tambahan seperti waktu dan tempat seperti yesterday, in the west, etc. tetapi kalimat tanpa time dan place juga bisa disebut kalimat yang komplit.
Contoh weather adjective yang lain di antaranya:
It’s windy (today)
It was rainy (all last month)
4.2.2 Valency One
8. My Brother Snores
Pada kalimat ke 8 ini terdiri dari 2 kedudukan kata yaitu verb pada kata  snore dan subjek pada kata My brother. Verb yang di duduki kata snore tersebut hanya memiliki sebuah subjek bukan objek,  karena ia merupakan intransitive verb (kata kerja instransitif) atau one-argument predicates (satu argumen berpredikat). Contoh kalimat lain yang memiliki one-argument verb adalah sebagai berikut:
16. The dog is sleeping.
17. Larry laughed.
18. The earth rotates (on its axis).

19. Grandfather died (last week).
20. A volcano erupted.
21. The cake felt.
Dikelompok pertama, yaitu poin ke 16-18, pada predikat sleep, laugh and rotate merupakan ungkapan suatu tindakan. Mereka menjelaskan apa yang sedang dilakukan oleh the dog, Larry and the earth do. Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa yang melakukan suatu action itu di sebut actor.
Beralih ke kelompok kedua yaitu poin 19-21, menjadi sesuatu yang memungkinkan untuk mengatakan bahwa grandfather, a volcano, the cake itu melakukan suatu tindakan dan predikat dari masing-masing kata tersebut menjelaskan apa yang mereka lakukan. Tetapi pada poin in predikatnya berbeda dengan poin yang ada di kelompok pertama. Pada predikat die, erupt, fall itu menjelaskan sebuah event yang sedang terjadi,merupakan  perubahan suatu kondisi entitas bernama oleh suatu argument, dan entitas bernama pada suatu argument mengalami suatu perubahan ini, affected oleh itu. Stuktruk kalimat pada kelompok ini adalah:

Argument                               predicate
                                                
 Affected                                 event
                                              
Grandfather                               die                                    
Volcano                                    erupt
Cake                                           fall

Table 4.2 Peranan simantik
Actor                          peranan suatu argument yang tidak mempengaruhi lainya dalam melakukan beberapa tindakan tanpa mempengaruhi entitas lain. Sylvia left.
Affected         peranan argumen yang mengalami perubahan karena beberapa peristiwaoleh beberapa entitas lain. A window broke. Tom broke a window. Betty likes opera. Opera delights Betty
Affecting        peranan argument tanpa adanya tindakan pun bias mempengaruhi entitas lain. Betty likes opera. Opera delights Betty.
Agent                          peran arguman dengan suatu aktor mempengaruhi entitas lain. Tom broke a window
 Associate       peranan argument yang memberitahukan status identitas argument lain.
Effect                          peranan argumen yang muncul melalui aksi pada predikat. Tillie baked a pie.
Place               peranan arguman terhadap suatu lokasi dimana tindakan predikat terjadi. The fireman climbed a ladder.
Theme            peranan argument terhadap topic predikat yang mengungkapkan tindakan. Audrey is a computer expert.
Banyaknya kata sifat satu argumen. Digunakan pada kalimat seperti berikut:
22. This shop is cold.
23. Terry is impatient.
24. Henrietta was rather reckless.
25. The bottle is empty.
Pada kelompok ini adalah predikat dalam frase kata sifat, yang menggambarkan entitas bernama oleh subjek mereka. Pada poin ke 24. Kata reckless menjadi suatu evaluasi pada Henrietta yaitu bagaimana iya bertindak, dan yang poin 25 the bottle is empty, yang merupakan hasil dari perubahan yaitu yang dulu isi menjadi kosong atau tidak berisi. Tidak ada predikat yang mengungkapkan tindakan atau perubahan dengan proses dinamis, mereka hanya menggambarkan ada sesuatu yang telah keluar. Subjek pada setiap kalimat hanyalah sebuah topik atau theme apa yang mereka katakan. Susunanya adalah:
Argument                              predicate
                                                    
  Theme                                  description
                                                    
Soup                                          cold
Terry                                        impatient
Henrietta                                reckless    
Bottle                                      empty

Sama halnya dengan ekspresi reffering terjadi setelah bentuk be adalah satu argument berpredikat.
26. This man is carpenter.
27. Dextrose and fructose are sugars.
28. Eddy Eckstein is the village idiot.
29. Cora and Willis are the class leaders.
setiap kalimat dalam kelompok ini memiliki ekspresi yang merujuk sebagai predikat . predikat dalam beberapa cara memberikan sebuah identity bagi entitas bernama oleh subjek , sebagai salah satu jenis atau lebih ( tukang kayu , gula ) atau sebagai satu-satunya atau semacam itu  ( idiot desa , para pemimpin kelas) . struktur :
Argument                          predicate
                                                                                             
Theme                                identity
                                               
Man                                      carpenter
Dextrose and fructose           sugars
Eddy Eckstein                       village idiot
Cora and Willis                      class leaders

Kalimat 28 dan 29 adalah proposisi equational . tema dan identitas dapat dibalik untuk membuat kalimat yang hanya berbeda adalah terletak pada apa yang difokuskan : idiot desa Eddy Eckstein , para pemimpin kelas adalah Cora dan Willis.
Dalam beberapa kasus sulit untuk mengatakan apakah kalimat tertentu memiliki struktur Agent+Action or Affected+Event, meskipun perbedaan ini cukup jelas secara keseluruhan. Tetapi perbedaan antara struktur Theme+Description dan Theme+Identity sama sekali tidak jelas.


4.2.3 Valency Two
9. Chris is making an omelet
Kebanyakan verbs (kata kerja) diikuti/mengambil Subyek dan Objek. Mereka adalah two-argument predicates. Salah satunya adlah make. Berdsarkan kalimat di atas. Contoh yang lain adalah need and use. Kita tidak bisa hanya menulis Chris is making atau I need atau see used. Pernyataan menggunakan kata make harus menyebutkan, siapa yang membuat dn membuat apa, sama juga dengan need dan use.
31. The cat killed a rat.
32. I broke the window.
33. Bert hit Harry.

34. The cat dug a hole.
35. Chris is making an omelet.
36. Picasso created a masterpiece.

37. Jennie crossed the street.
38. Fiona entered the room.
39. Simon climbed a tree.
Kelompok kalimat pertama 31-33 menyatakan beberapa action/tindakan oleh satu entitas/kesatuan yang mempengarui entitas/kesatuan yang lain. Argument pertama menyatakan agent dan argumen kedua disebut affered/yang ditimpa.
Agent terlibat dalam tindakan yang mempunyai efek pada entitas/kesatuan yang lain: sebuah actor, disisi lain terlibat dalam beberapa tindakan seperti: running. Tapi tidak mempunyai efek menguntungkan pada yang lainnya.
Argument1      -           predicate         -           argument2
 


agent                           action                          affected

Cat                              kill                               rat
I                                   break                           window
Bert                             hit                                Harry
Pada kalimat 34-36 ada perbedaan. The cat tidak hanya mempengaruhi a hole  atau chris an omelet atau picaso a masterpiece. The hole, omelet dan masterpiece adalah hasil dari pengaruh atau affect dari perbuatan. Mereka ada karena action/perbuatan.
Argument1      -           predicate         -           argument2
 


actor                            action                          affect

Cat                              dig                               hole
Chris                            make                            omelet
Picasso                        create                           masterpiece
Berdasarkan kelompok kalimat ketiga 37-39. Juga menyatakan beberapa action/perbuatan yang dilakukan oleh actor dan action/perbuatan yang melibatkan/berhubungan dengan place/tempat, enter, leave, cross atau climb memerlukan tempat (meskipun tempat tidak harus selalu disebutkan). Argument kedua di masing-masing kalimat tersebut memiliki peran tempat.
Argument1      -           predicate         -           argument2
 


actor                            action                          place

Jennie                          cross                            street
Fiona                           enter                            room
Simon                          climb                           tree
Kelompok kalimat berikutnya tidak menyatakan perbuatan apapun. Mereka menyatakan bagaimana satu entitas/kesatuan mempengauhi entitas/kesatuan yang lain.
40. The decission suprised us all.
41. You’re disturbing everybody.
42. The comedian didn’t impress the audience.

43. Oliver was envious of his brother.
44. Oliver envived his brother.
45. Angie was angry with Algernon.
Pada kalimat 40-42 predicate menyatakan affect/pengaruh. Argumen pertama mempengaruhi entitas/kesatuan – yang berperan sebagai affecting dan argumen kedua sebagai affected.
Argument1      -           predicate         -           argument2
 


affecting                      affect                           affected

Decision                      surprise                        us
You                             disturb                         everybody
Comedian                    impress                        audience
Kalimat 43-45 mempunyai peran semantics yang sama tapi urutan dimana mereka terjadi dalam kalimat bahasa Inggris adalah berlawanan. Jika Oliver envives atau love atau hates atau admires kakaknya, Oliver dipengaruhi emosi. (Jika the brother affected/dipengaruhi/ditimpa oleh iri hati Oliver). Perbedaan kalimat digunakan untuk berkomunikasi.
Argument1      -           predicate         -           argument2
 


affected                       affect                           affecting

Oliver                          envy                            brother
Adjective/kata sifat tidak bisa mengikuti ungkapan secara langsung harus ada preposisi antara adjective dan noun phrase. Kita mempertimbangkan kombinai kata sifat + preposisi suatu kata sifat gabungan yang mengambil suatu objek – two argument adjective. Beberapa two argument objective nampak pada kalimat berikutnya.
46. I’m afraid of that dog.
47. We were not aware of the accident.
48. Aren’t you curious about...?
Ini juga menyatakan affect dan affeced pada posisi subject.
Argument1      -           predicate         -           argument2
 


affected                       affect                           affecting

    I                               afraid                           dog
We                               aware                           accident
Ella                              curious                         plans
Kalimat berikutnya tentang tindakan yang tidak berpengaruh/affecting. Predikat sebagai link antara one argument, theme, dan argumen yang lain, disebut associate. Predikat adalah sebuah hubungan atau relasional, predicate.
49. Sheila is like her mother.
50. This present is for you.
51. Tom is with Ann.
52. The book is about fossils.
Argument1      -           predicate         -           argument2
 


theme                         link                              associate

Sheila                          like                              mother
present                         for                               you
book                            about                           fossils
Hubungan predikat mungkin menidentifikasikan/menunukkan hubungan theme dan associate dalam jarak.
Theme                                     Link                             Associate
53. Canada                  is                      nort of                         the United States.
54. The USA               is                      south of                       Canada.
55. The books              are                   in/on                            the desk.
56. The bank               is                      near/behind                 our office.
Beberapa linking predicates menempatkan peristiwa pada waktunya.
57. The party               will be             on                                Saturday.
58. The next game       is                      at                                 three o’clock.
59. The meeting          is                      after                             class.
Jadi, semua preposisi yang mengidentifikasikan/menunjukkan posisi dalam jarak/waktuadalah two-argument pedicates:
At, in, on, near, beside, under, over
Syarat menyatakan kekerabatan dan hubungan sosial lain adalah linking predicates. Kamu tidak akan menjadi/disebut seorang bibi atau teman atau penduduk atau mayor tanpa menjadi bibi, dan sebagainya dari beberapa orang atau beberapa kesatuan orang.
60. The Browns are neighors of the Greens.
61. Julie is Carol’s daughter.
62. Mr Babcock is my boss.
63. I am employee of Barton & Dutton.
Theme                         Link                             Associate
Browns                        neighbors-of                Greens
Julie                             daughter-of                 Carol
Mr Babcock                boss-of                                    me
I                                   employee of                Barton & Dutton
Istilah associate secara umum meliputi pengukuran ukuran, berat, nilai dan sejenisnya.
Theme                         Link                 Associate
64. This package                     weigh              five kilos.
65. It                                       cost                  twenty dollars.
Semua two-argument predicates, apakah verbs, adjectives, prepositions, atau noun phrases adalah menerangkan transitive/kalimat yang butuh objek dalam pengertian semantics. Secara syntactic ada perbedaan: kalimat dengan verb/kata kerja sepeti Chris made the omelet dapat berubah menjadi pasif The omelet was made by Chris tapi kalimat pasif memunyai argument yang berbeda. Tujuan pertama untuk ketegasan atau fokus pada agent disini Chris (Alison breweed the coffee but the mele was mwde by Chris). Tujuan yang lain hanya berlawan untuk menghindari menyebut an agent.  (Within a few minutes the table was set, coffee was brewed and on omelet was made).


4.3 BEBERAPA PERUBAHAN VALENSI
Kita perlu banyak mempertimbangkan berapa argumen verb mungkin tidak hanya memiliki tetapi juga berapa banyak ia harus memiliki . Alih-alih Agnes dengan kalimat menulis surat ibunya, misalnya, adalah mungkin menulis surat untuk ibunya atau kedua mengatakan Agnes hanya menulis . Beberapa predikat dapat digunakan dalam kalimat yang memiliki dua argumen dan dalam kalimat lain yang hanya memiliki satu argumen , seperti Tom memecahkan jendela dan jendela pecah . Kita sekarang melihat empat kelompok yang berbeda dari kata kerja dua argumen .
66 . mobil membutuhkan baterai baru.

67a . Kami makan siang ( di dapur ) .
67b . Kami makan ( di dapur ) .

68a . Maureen memandikan bayi ( di bak mandi ) .
68b . Maureen mandi ( di bak mandi ) .

69a . Aku memutar bola ( di jalan ) .
69b . Bola meluncur ( di jalan ) .

Predikat seperti kebutuhan ( 66 ) selalu memiliki dua argumen . Sementara satu mungkin bisa memikirkan konteks di mana sebuah ucapan. '' Mobil kebutuhan " dapat diterima , kejadian seperti ini jarang terjadi . Kata  tertentu , perlu , gunakan , ingin dan lain-lain , harus memiliki dua argumen .
Kata kerja eat berbeda . Membandingkan 67a dan 67b , kita melihat bahwa 67a mengandung informasi lebih spesifik daripada 67b , tapi arti dari makan sama .
Pertimbangkan kalimat 68a dan 68b : 68b tidak hanya memiliki informasi kurang dari 68a , melainkan mereka menyampaikan informasi Maureen mandi terjadi tanpa obyek . Kalimat 68a memiliki dua argumen yang jelas : Mareen , , aktor , dan bayi , yang terkena . Dalam 68b kalimat Maureen argumen bisa dikatakan memiliki dua peran , aktor dan terpengaruh , karena Maureen yang menggenangi dan Maureen yang akan dimandikan . Perhatikan, misalnya :
70a . Harvey tenggelam oleh ibu mertuanya .
70b . Harvey tenggelam
Di 70a nama Harvey  dan ibu mertuanya jelas mengatakan yang dipengaruhi oleh aksi predikat ini . Dalam 70b Harvey tentu terpengaruh . Apakah Harvey bunuh diri karena tenggelam atau tenggelam sengaja .
Kata kerja berikut ini, seperti mandi dan tenggelam . Masing-masing dapat terjadi dengan subjek dan objek , masing-masing, agen dan terpengaruh . Dan setiap kata kerja dapat terjadi hanya dengan subjek , yang dapat mengekspresikan agen dan gangguan, seperti dalam kasus Maureen mandi , atau, seperti dalam Harvey tenggelam , subjek menceritakan yang terpengaruh tetapi tidak jelas tentang lembaga. Manakah dari berikut ini adalah seperti mandi dan yang seperti tenggelam?
Perhatikan bahwa dengan beberapa predikat lain kita harus menggunakan kata ganti refleksif untuk menunjukkan arti refleksif : Aku menyakiti diri sendiri , Mereka memperkenalkan dirinya sendiri . Tabel pada halaman 82 Perancis dan Germain setara dalam memberikan beberapa kata kerja bahasa Inggris seperti mandi dan tenggelam . Refleksif ganti - se di Perancis, sich di Jerman sebagai setara atau Inggris sendiri , dirinya sendiri, dirinya sendiri - yang lebih biasa dalam bahasa-bahasa selain dirinya sendiri / dirinya sendiri ; dll Dalam bahasa Inggris .
Kalimat 69a dan 69b analog dengan Tom memecahkan jendela dan jendela pecah . Kita mungkin mengatakan bahwa gulungan predikat memiliki dua berbeda , pemikiran yang terkait , arti dalam dua kalimat . Pada setiap tingkat, bahasa yang paling dekat dengan Inggris-Jerman , Romantis dan Slavic_ biasanya menggunakan konstruksi refleksif dalam setara The ball rolls, The window breaks  dan sejenisnya .


Related Articles:

12 comments:

  1. assalamualaikum,,
    i wanna ask about,,Valency One,, what does the mean of one-argument predicates (satu argumen berpredikat)?? ^^

    ReplyDelete
  2. dwi maryati 113221083

    wide summary...! but fine. ^^

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum, i'd like to ask u about what is the significant difference between valency one,two and three cz all of them are almost the same thanks

    ReplyDelete
  4. Marwiyah ( 113221198 )
    assalamualaikum,,,
    in my opinion your summary about "PERANAN-PERANAN SEMANTIK" is good and I can understand.
    thanks.:)

    ReplyDelete
  5. Ashrinta Afro' Nafisah (26.10.6.2.037)

    I will be asking about "Valency one", same with mega yanuari question, what is mean about 'an argument predicated'? and I still confused with Valency zero because the summary of your group not complete in write, example in the sentence
    "4.2.1 Valency Zero
    Kalimat tersebut terdapat kata kerja snow dan subjeknya adalah it, tapi it tidak mempunyai arti. Kata snow adalah zero-argument verb...."
    there is not written sentence so the reader confused in understanding it. that's all thank you. But good job for your groups :)

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Asih Prabawati (26.10.6.2.038)
    I think your summary is good, I want to question to your groups what is different between valency one and valency two, ?
    thanks ^^

    ReplyDelete
  8. Lia Aquarista (26.10.6.2.262)
    I think your summary is good enough and I can understand about yours explanation.
    thankz :-)

    ReplyDelete
  9. anna muslimah (26.10.6.2.020)
    This summary is good enough. some of explanation is clearly, but I don't understand it about explanation in semantic role. may be you give simple explanation. thanks ^_^

    ReplyDelete
  10. anggi nur prihatini (26.10.6.2.017)

    this summary is good. but i didn't understand about associate. please explain briefly.

    ReplyDelete
  11. Febiarizky Ayuningtyas (113221112)
    This summary is good enough. The explanation is too long, maybe it will make the reader feel bored. But actually the explanation is detail. Although the explanation is detail, I am confuse about "valency zero". The first sentence in this explanation is "Kalimat tersebut terdapat kata kerja snow dan subjeknya adalah it, tapi it tidak mempunyai arti. Kata snow adalah zero-argument verb", there is no sentence about snow in this explanation, so what does it mean?

    ReplyDelete
  12. fitriana nurcahya 113221120
    This summary is good enough. The explanation is too long, but fine. ^^

    ReplyDelete