SHOW

SELAMAT DATANG | SEMOGA SITUS INI BISA BERMANFAAT DAN MENGINSPIRASI

Dropdown Menu

Tugas Kuliah: Kelas 7 Sastra Kelompok 4 | Hubungan Lexical

Kelompok 4   : Yusuf Sunanulhuda
                          Abudusalam Jabarudin

Chapter 5       Hubungan Leksikal

            Pengertian dari setiap leksim dalam berbagai bahasa merupakan suatu bukti bahwa dua atau lebih leksim memiliki hubungan semantik: father dan mother, father dan son; father dan paternal; employer dan employee; big dan large; big dan small; red, yellow, dan blue. Setiap pasangan tersebut memperlihatkan sebuah hubungan yang berbeda. Misalnya pada kata employer dan employee keduanya memiliki kesamaan bentuk dan semantis, dan juga hubungan morfologi. Pada materi saat ini hanya menyajikan hubungan semantik yang tidak memiliki kesamaan bentuk.

Berdasarkan pada 2 teori yang menjelaskan tentang hubungan leksikal, semantic field theory dan truth conditional semantics. Field theory merupakan sebuah usaha untuk menggolongkan leksim-leksim yang bertujuan untuk membagi dan membedakan ciri dari leksim-leksim tersebut. Contohnya, lebah, hornet, tawon madu, dan yang lainnya yang merupakan serangga yang terbang dan menyengat; ngengat dan lalat keduannya juga serangga yang terbang namun tidak menyengat. Apakah yang membedakannya? Entomologi menghasilkan sebuah dasar ilmiah tapi ilmuwan semantis lebih tertuju pada cerita taksonomi, dengan cara tradisional untuk menganalisa fenomena dalam bidangnya.
Kondisional semantik mempelajari hubungan leksikal dengan membandingkan kata kerja yang memiliki ekspresi yang sama. Itu merupakan tugas untuk menemukan hubungan makna antara perbedaan ekspresi dalam sebuah bahasa. Tiga hubungan tersebut adalah entailmen, parafrase, dan kontradiksi. Entailmen adalah hubungan antara dua permasalahan. Misalnya ‘P’ dan ‘Q’ , apabila P benar, maka Q juga benar, namun apabila Q benar maka belum tentu P juga benar. Contohnya, jika saya memiliki dasi berwarna merah tua, apakah dasi saya berwarna merah? Jika dasi saya berwarna merah, apakah benar dasi saya berwarna merah tua? Parafrase adalah hubungan antara dua permasalahan jika keduanya adalah benar ataupun keduanya salah. Jika dasi saya murah, maka apakah benar atau salah jika dasi saya itu tidak mahal? Jika dasi saya tidak mahal, apakah benar kalau itu murah? Kontradiksi adalah hubungan antara dua permasalahan jika salah satunya benar, maka yang lain mungkin salah. Jika dasi saya murah, benar atau salahkah jika itu mahal? Jika dasi saya mahal, apakah itu murah?
5.1 Bidang Leksikal (Lexical Fields)
Kita bisa mengartikan sebuah leksim apakah itu sudah layak dan bagaimana membedakan leksim tersebut dari jenisnya. Misalnya dalam bidang olahraga (tenis, badmintonm sepak bola...), tulisan (puisi, novel, biografi, essay...), pekerjaan (tukang listrik listrik, tukang patri, tukang las...) warna (merah, biru, hitam...). Bisa dikatakan setiap kelompok tersebut  sudah tepat. Namun akan menyusahkan seberapa besarnya hal itu mencakup dalam bidangnya dan mencari ciri yang penting yang membedakan setiap leksim dalam bidang tersebut, maka yang terpenting adalah mencari bagaimana setiap leksim tersebut saling berhubungan.
Beberapa bidang leksikal meliputi hubungan bagian dan keseluruhan (lengan mencakup tangan, yang termasuk jari dan ibu jari). Misal detik-menit- jam-hari adalah sesuatu yang hirarkis. Atau yang berurutan (sat, dua, tiga...) atau siklus (Januari, Februari...; Sunday, Monday...; Musim semi, musim panas, musim gugur, musim dingin).
Di bidang tertentu, akan lebih sempit polanya. Misalnya:
                        Male                Female
Adult               man                 woman
Child               boy                  girl

[Manusia] merupakan keistimewaan dalam semantik, daripada jenis leksim yang lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Menggunakan tanda kurung besar yang mengindikasikan keistimewaannya, (male/female) dan (adult/child). Penggolongan ini disebut analisis komponensial. Paradigma tersebut memiliki arti bahwa leksim-leksimnya berhubungan secara sistematis. Misalnya dalam contoh male, female, adult, dan child, dalam contoh tersebut terdapat perbedaan gender dan pasangan.
Lebih jelasnya seperrti contoh pada kata benda berikut:
stool chair bench sofa
chair adalah kursi yang memiliki sandaran (punggung) namun stool kursi yang tidak memiliki tempat bersandar. Selanjutnya adalah sofa dan bench, sofa pasti memiliki sandaran namun bench bisa ada atau tidak. Maka untuk membedakannya dengan lapisan kain yang menutupinya. Sofa (+kain pelapis) namun pada bench (-kain pelapis). Yang terpenting adalah mengenali ciri utama dari keduanya, khusus dan umum.
Fungsi dari analisis komponen adalah menggambarkan bahwa sistem tersebut melalui dimiliki setiap leksim dengan kegunaannya masing-masing.

5.2 Kekeluargaan (Kinship)
           
Sistem kekeluargaan merupakaan lingkup yang unik dalam analisis komponensial. Kekeluargaan bersifat universal, setiap manusia saling berhubungan dengan yang lainnya berdasarkan hubungan darah ataupun dari perkawinan, namun kekeluargaan berbeda dengan masyarakat. Sebuah hubungan didasarkan pada peranan dalam keluarga (predicate). Misalnya Harold adalah ayah Alice dan Rose adalah saudari Jerry yang dapat digambarkan seperti berikut:
            Theme                         Peranan                      Dihubungkan
            Harold                         ayah-dari                     Alice
            Rose                            saudari-dari                 Jerry

Peranan dalam keluarga tersebut bisa digambarkan dengan: [parent/orang tua], [offspring/keturunan], [sibling/saudara kandung], [spouse/suami-istri]. Kita tentu juga mebutuhkan peranan [laki-laki] and [perempuan], yang akan digunakan untuk menyatakan empat peranan tersebut, yakni: ayah=orang tua laki-laki, ibu=orang tua perempuan, saudara=sekandung laki-laki, saudari=sekandung perempuan, putera=anak laki-laki, puteri=anak perempuan, suami=pasangan laki-laki, istri=pasangan perempuan.
Atau dalam hubungan yang lain seperti pada: grandmother=ibu dari orang tua, grandfather=ayah dari orang tua, granddaughter=anak perempuan dari anak, grandson=anak laki-laki dari anak. Pada Bahasa Inggris dan Eropa pada umumnya menggunakan laki-laki dan perempuan untuk memanggil saudara perempuan ‘sister’, saudara laki-laki ‘brother’. Bahasa Nasional Papua Nugini merupakan sebuah creole dari Bahasa Inggris. Hall 1949:74 menjelaskan sebagai berikut:
                                    saudara                       saudari
penutur laki-laki          borata                          sesta
penutur perempuan     sesta                            borata
Ragam bahasa di Asia Timur memiliki keistimewaan lain yang membedakan kakak dan adik. Dalam bahasa Mandarin China contohnya: ge ‘kakak laki-laki’, di ‘adik laki-laki’, jie ‘kakak perempuan’, mèi ‘adik perempuan’. Dalam Bahasa Inggris, grandmother dgunakan untuk menyebut ibu dari ibu, atau ibu dari ayah, dan grandfather untuk ayah dari orang tua. Dalam Bahasa Swedia istilah farfar, farmor, morfar, dan mormor membedakan panggilan untuk kakek dan nenek tersebut. Aunt dalam Bahasa Inggris adalah saudari kandung dari ayah atau ibu, dan uncle adlah saudara kandung dari ayah atau ibu. Dan juga untuk anak-anak mereka nephew dan niece.
Uncle      : saudara laki-lakinya orang tua, saudara laki-lakinya mertua
Aunt       : saudara perempuannya orang tua, saudara perempuannya mertua
Nephew : anak laki-lakinya saudara kandung, anak laki-lakinya saudara suami/istri
Niece      : anak perempuannya saudara kandung, anak perempuannya saudara suami/istri
Atau dengan tanpa melihat gender:
            Uncle/aunt=saudara orang tua (saudaranya mertua)
            Nephew/niece=(anaknya saudara suami/istri) anaknya saudara kandung
            Leksim cousin (sepupu) dalam Bahasa Inggris tidak di bedakan menurut gender. Disini dibatasi hanya ‘first cousin’ yang artinya anak dari saudara orang tua.
Hubungan yang terjadi karena kelahiran merupakan hubungan kekerabatan. Sebuah hubungan yang terjadi karena pernikahan disebut pertalian, yang dalam Bahasa Inggris disebut -in-law.
mother-in-law/father-in-law (mertua)=orang tuanya suami/istri
daughter-in-law/son-in-law (menantu)=suami/istrinya anak
sister-in-law=saudara perempuannya suami/istri; istrinya saudara kandung
brother-in-law= saudara laki-lakinya suami/istri; suaminya saudara kandung
           
Selanjutnya dalam Bahasa Rusia memiliki kosa kata yang sangat teliti dalam membedakan hubungan pertalian:
> Svëkor                      ayahnya suami             > Dever'                      saudaranya suami
> Svekrov                    ibunya suami               > Zolovka                    saudarinya suami
> Test'                         ayahnya istri                > Šurin                                    saudaranya istri
> Tëšca                        ibunya istri                  > Svojacenica              saudarinya istri

            Untuk menjelaskan kekeluargaan dalam Bahasa Jepang, pasangan harus diperkenalkan, [self] dan [other]. Bahasa Jepang memiliki dua leksim untuk setiap hubungan yang digunakan untuk pribadi dan orang lain. Dijelaskan seperti berikut:
                                                Untuk pribadi              untuk Orang lain
Istri                                          tsuma, kanai                okusan
Suami                                      shujin                           go-shujin
Ibu                                           haha                             o-kaasan
Ayah                                       chichi                           o-toosan
Kakak perempuan                   ane                               o-nee-san
Kakak laki-laki                        ani                               o-nii-san
Adik perempuan                     imooto                         imooto-san
Adik laki-laki                          otooto                          otooto-san

5.3 Hiponim
            Sekarang perhatikan kalimat berikut:
1a        Rover adalah seekor collie (sejenis anjing dari Skotlandia).
1b        Rover adalah seekor anjing.
2a        Ada beberapa tulip di dalam vas.
2b        Ada bunga-bunga di dalam vas.
            Kalimat diatas merupakan contoh dari entailmen. Jika kalimat 1a benar maka 1b juga pasti benar; tapi jika kita tahu kalimat 1a tidak benar kita tidak bisa menilai kalimat 1b; jika kita tahu kalimat 1b benar, kalimat 1a belum tentu benar; jika kalimat 1b salah, tentu kalimat 1a juga salah. Hubungan kalimat 2a dan 2b dapat disamakan/sejalan. Istilah collie adalah hiponim dari anjing dan tulip adalah hiponim dari bunga. Anjing  dan bunga adalah superordinat dari collie  dan tulip.
            Kita bisa mengatakan ‘collie adalah anjing’ dan ‘tulip adalah bunga’. Setiap leksim yang dapat digantikan untuk hiponim adalah hiponim juga. Chihuahua, Dalmatian dan Irish setternadalh hiponim lain dari anjing. Semua itu adalah co-hiponim dari collie. Daffodil dan rose adalah dua co-hiponim dari tulip.
Makna denotasi dari hiponim terdapat pada makna denotasi dari superordinat. Tetapi, arti dari superordinat mencakup seluruh makna pada hiponim. Sebuah kalimat dengan hiponim misalnya:            [a] Disana ada kuda Palomino.
[b] Disana ada kuda.
Kalimat [a] lebih jelas daripada [b]. pada kalimat a terdapat hiponim, dan pada kalimat b terdapat superordinat.
Jika kita menggabungkan kedua kalimat berikut dengan dan, maka:
3a        Rover adalah collie dan (Rover adalah) seekor anjing.
            Itu merupakan kalimat yang berlebihan yang disebut tautologi. Tautologi adalah sebuah kalimat yang memiliki dua kata kerja dan saling mempengaruhi. Jika kita menggabungkan keduanya tapi dengen berlawanan,
3b        Rover adalah collie tetapi (Rover) bukanlah seekor anjing
maka hasilnya adalah sebuah kontradiksi¸ yaitu sebuah kalimat dengan dua kata kerja yang salah satunya menyangkal yang lain. Hiponim dan superordinat bisa berupa kata benda, dapat juga ditemukan pada kata sifat dan kata kerja.
Dalam analisis semantik seringkali terdapat kalimat yang morat-marit. Mungkin kita menemukan co-hiponim tanpa superordinat. Untuk peralatan makan dalam Bahasa Portugis dan Bahasa Inggris misalnya:
talher                                                     ?
            talher                                                  ?

faca      garfa    colher                         knife    fork     spon
tidak ada kata tunggal dalam bahasa inggris untuk menyebut peralatan makan tersebut.
Palmer (1981: 85-6) menjelaskan bahwa leksim hewan merupakan co-hiponim dari sayur dan mineral.
                                                            Zat padat
                  
           


5.4 Sinonim
6a        Jack adalah seorang pelaut. (seaman)
6b        Jack adalah seorang pelayar. (sailor)
            Seaman dan sailor disebut sinonim karena menunjukan arti yang sama.
Contoh lainnya adalah pada kata : large = big,  fast = rapidly, left = departed.
Large adalah hiponim dari big , dan big adalah hiponim dari large. Sebagai contoh jika kita menggabungkannya dengan konjungsi and:
7a        The rock is large and (it is) big.
Akan tercipta sebuah kalimat tautologi. Namun jika kita menggabungkannya berlawanan makna, seperti contoh berikut:
7b        The train traveled fast but (it did) not (travel) rapidly.
Maka hasilnya adalah sebuah kontradiksi.
Dua kalimat yang di parafrasekan berbeda misalnya:
8a        Pak Jenkins adalah tukang pos kita.
8b        Pak Jenkins adalah orang yang mengantar surat kita.
 Sekilas kalimat diatas memiliki makna yang sama antara ‘tukang pos (kita)’ dan ‘orang yang mengantar surat (kita)’, tetapi itu tidak bisa dikatakan sinonim, karena sinonim harus berupa leksim tunggal yang berkedudukan sama.

            5.5 Antonim
9a        Televisi itu menyala.
9b        Televisi itu mati.
10a      Pak Adam seorang yang tua.
10b      Pak Adam seorang yang muda.
11a      Jalan ini luas.
11b      Jalan ini sempit.
            Leksim-leksim menyala dan mati, tua dan muda, luas dan sempit, adalah pasangan antonim. Antonim sendiri berarti lawan kata, dan ketika itu berfungsi sebagai kata kerja dalam subyek yang sama maka predikatnya akan bertentangan.
Untuk menentukan antonim pada kata sifat bergantung pada topiknya:
12a      Seekor tikus besar tidaklah sebesar gajah kecil.
            Setiap antonim dalam kata sifat adalah marked dan unmarked (global member).  Contohnya pada kata old dan young.
Old adalah global dan kata sifat unmarked. Biasanya digunakan untuk menyatakan usia. Ketika kita mengatakan:
13        The baby is four days old.
Kita tidak mengatakan bahwa bayi itu tua. Atau pada kalimat:
14        The box is three inches deep.
Kita tidak mengatakan bahwa kotak itu dalam (deep).
            Sebagai contoh dari marked expression adalah sebagai berikut:
15a      She is 40 years young.
Kalimat tersebut barangkali sama artinya dengan:
15b      She is 40 years old.
           
            5.6      Antonim Biner dan Non-biner
            Antonim biner disebut juga hemispheric antonim atau dalam istilah semantik disebut antonim komplementer, digambarkan seperti belahan bumi selatan dan belahan bumi utara yang tidak terdapat daerah dalam garis pembatas tersebut. Sedangkan antonim non biner disebut juga polar antonim atau dalam istilah semantik disebut antonim yang berlawanan, seperti kutub utara dan kutub selatan yang saling berlawanan ujungnya dan terdapat bagian pemisah yang jelas.
            Contoh antonim biner adalah kata on dan off  karena itu merupakan istilah yang biasanya untuk TV dan radio, dan tidak ada istilah selain itu. Contoh kata lain misalnya, buka/tutup, mati/hidup, tertidur/terjaga. Contoh kalimat:
16a      Dicari buronan, hidup atau mati!
16b      Lantai itu bisa saja kotor ataupun bersih.
            Kedua kalimat tersebut menegaskan bahwa tidak ada kata lain yang dapat menggantikannya. Diantara hidup dan mati, atau kotor dan bersih.
            Sedangkan pada kata tua dan mudalebar dan sempit adalah antonim non-biner, contoh kalimat:
17a      Pak Adam tidaklah tua tidak juga muda.
17b      Jalan itu tidaklah luas tidak juga sempit.
            Kedua kalimat tersebut menegaskan bahwa terdapat sebuah ruang diantara dua kata yang saling berlawanan.

            5.7      Perbandingan empat hubungan
            Yang dimaksud empat hubungan disini adalah sinonim, hiponim dan superordinat, antonim biner, dan antonim non-biner.
Sinonim                                               Hiponim dan superordinat
Jack adalah pelaut.                              Rover adalah anjing collie.
Jack adalah pelayar.                            Rover adalah seekor anjing.

Antonim non-biner                              Antonim biner
Luke adalah orang kaya.                     Jendela itu terbuka.
Luke adalah orang miskin.                  Jendela itu tertutup.
            Pada contoh diatas, sinonim dan antonim biner saling berlawanan. Jika sebuah kata sinonim itu benar, maka yang lain juga benar, namun jika sinonim tersebut salah maka yang lain juga salah. Namun pada antonim biner, jika satu kata benar, maka yang lain salah, begitu sebaliknya.

            5.8      Antonim Terbalik
            Pada pembahasan sebelumnya, telah dicontohkan bahwa setiap kalimat memiliki subyek yang sama dan kata kerja yang berbeda, dan setap kata kerja tersebut memiliki valensi masing-masing.  Maka dalam converse antonyms ini kita akan mengubah kata kerja tersebut, contoh:
18a      Peta itu diatas papan tulis.
18b      Papan tulis itu dibawah peta.
19a      Sally adalah istri Jerry.
19b      Jerry adalah suami Sally.
            Selanjutnya adalah hubungan predikat yang membangun source dan goal (bahan dan tujuan).
20a      Dani telah merusak jendela.
20b      Jendela telah dirusak (oleh Dani).
21a      Olga telah menulis sebuah karangan yang bagus.
21b      Sebuah karangan yang bagus telah ditulis (oleh Olga).
22b      Simon telah memanjat dinding.
22b      Dinding telah dipanjat (oleh Simon).
            Pada kalimat nomer 20 terdapat aturan affected/ diperbuat, effect/ akibat (21), dan theme/ tema pada kalimat 22. Pola tersebut adalah dengan membalik kalimat aktif menjadi pasif, menghilangkan subyek awalnya dan menggunakan obyek menjadi subyek.
26a      Bungkusan ini beratnya dua kilo.
26b      Dua kilo adalah berat bungkusan ini.
            Kalimat nomer 26 tersebut adalah kalimat pasif maka objek dari kata kerjanya tidak bisa dibalik (di converse) dan tidak bisa menghilangkan objeknya jika memiliki aturan associate/ berhubungan.
           
            5.9      Simetri dan resiprositas
            Simetris adalah jenis keterbalikan yang hanya menggunakan satu istilah tunggal saja, perhatikan contoh berikut:
27a      Garis AB paralel dengan garis CD
27b      Garis CD paralel dengan garis AB
Hubungan tersebut bisa diartikan menjadi:
27c      Garis AB dan garis CD paralel satu sama lain.
Atau lebih singkatnya:
27d      Garis AB dan garis CD paralel.
Lebih jelasnya mari kita pelajari predikat yang simetris dalam sebuah kalimat. Contoh kalimat yang memiliki predikat yang simetris adalah sebagai berikut:
28        Truk itu serupa dengan bus itu.
29        Garis AB memotong garis CD.
30        Jalan Sudirman bertemu dengan Jalan Raya.
31        Minyak tidak menyatu dengan air.
            Dibawah ini adalah kalimat yang nampak simetris, namun sebenarnya tidak:
28a      Truk itu menabrak bus itu.
29a      Tom setuju dengan Ann.
30a      Presscot cocok dengan Dudley.
31a      Bagian komunikasi pasar berhubungan dengan bagian penjualan.
            Jika truk itu menabrak bus itu, maka belum tentu benar jika bus itu menabrak truk itu (28a). begitu juga diartikan pada contoh kalimat selanjutnya (29a-31a).
            Predikat simetris yang berupa adjective (kata sifat) digabungkan dengan preposisi dengan, dari, atau  untuk jika:
-          A dan B sama dan sebangun/kongruen (dengan keduanya)
-          A dan B berbeda (dari keduanya)
-          A dan B sepadan (untuk keduanya)


5.10    Ekspresi Kuantitas
            Pembahasan hiponim dan superordinat tidak jauh berbeda dengan topik ini, quantifiers seperti semua, tidak ada, beberapa, banyak, sedikit. Penggunaan kata tidak ada juga bisa berarti tidak satupun yang diperoleh dari konteks yang sama. Quantifier tersebut dapat dengan mudah di pahami dengan membandingkan kalimat yang memiliki superordinat dan hiponim yang yang berbeda posisi subyek dan obyeknya. Contoh kalimat:

32a  Semua anjing mengejar kucing-kucing → Semua anjing collie mengejar kucing-kucing
32b  Semua anjing collie mengejar kucing-kucing ~ → Semua anjing mengejar kucing-kucing
32c  Semua anjing mengejar kucing-kucing ~ → Semua anjing mengejar kucing-kucing angora
32d  Semua anjing mengejar kucing-kucing angora → Semua anjing mengejar kucing-kucing
           
            Kata semua diatas bisa diganti dengan quantifier yang lain. Dan berikut ini adalah tabel yang menggambarkan quantifier tersebut:

Istilah pertama
Istilah kedua

umum→khusus
khusus→umum
umum→khusus
khusus→umum
SEMUA
+
-
-
+
TIDAK ADA
+
-
+
-
BEBERAPA
-
+
-
+
SEDIKIT
-
-
+
-
BANYAK
-
-
-
+





Related Articles:

8 comments:

  1. Your resume is good enough and really helpful to understand the material. I wanna ask you a question. What are the differences between Antonymy and Binary and non-binary Antonyms? Please explain with each characteristics!
    Thank you.

    ReplyDelete
  2. Your work of resuming this article is good enought.. but, in this resume there are some sentences that still make the reader confused because you use many words which are not pleaced in the right side where they have to..therelation between sentences at least should have the superordinate relation where the first sentence is more informative than the second.. after all, this is very helpful to understand the topik about lexical ralations.

    ReplyDelete
  3. your material is good enough and easy to understand. I wanna ask you. is there any configuration in the lexical aspect? can you explain and give examples?

    ReplyDelete
  4. Fendy Tama Saputra (261062093)
    Great!! Your review can catch the points. I just wanna ask you to explain me more about what "resiprositas" is. Thanks before ^.^

    ReplyDelete
  5. Your work is not bad, but i don't understand about definition of converse antonyms. And about differences between antonym biner - non biner and converse antonyms. Can you explains more for me?
    Thank in advance :)

    ReplyDelete
  6. Can you explain more about "antonim terbalik" ? Thanks

    ReplyDelete
  7. Sama isinya kayak buku dari Charles W. Kreidler,,,, sayang g ada kredit😔

    ReplyDelete