PENERAPAN
METODE
EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN
RESPON SISWA DALAM
PEMBELAJARAN
MATEMATIK
(PTK pada
Siswa Kelas V SD Negeri Malangjiwan
01 Colomadu)
Siti Rohmawati
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan respon siswa melalui
metode edutainment dengan pemanfaatan alat peraga. Jenis penelitian
pada penelitian ini adalah PTK ( Penelitian Tindakan
Kelas ). Subyek penerima tindakan
adalah siswa kelas V SD Negeri Malangjiwan 01 yang berjumlah 51 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan
lapangan dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif
dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan respon siswa dalam pembelajaran
matematika pada pokok bahasan sifat-sifat bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan siswa mengerjakan soal matematika sebelum diadakan tindakan sebesar 11,66 % dan sesudah tindakan
mencapai
56,86 %, 2) kemampuan
siswa memberikan tanggapan sebelum adanya tindakan sebesar 19,33 % dan sesudah tindakan mencapai 62,74 %, 3) kemampuan siswa dalam mengajukan ide/tanggapan sebelum tindakan sebesar 20,33 % dan sesudah tindakan mencapai 68,63 %. 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan sebesar 23,33 % dan sesudah tindakan mencapai 80,39 %. 5) kemampuan siswa dalam memanfaatkan sumber belajar yang ada sebelum tindakan sebesar 15 % dan sesudah tindakan mencapai 72,54 %. Kesimpulan
dalam Penelitian ini adalah penggunaan metode edutainment dalam pembelajaran
matematika dapat meningkatkan respon belajar matematika siswa.
Kata Kunci: Peningkatan,
respon,edutainment,pembelajaran
Related Articles:
Seminar dan Penelitian
- CONVERSATIONAL ANALYSIS OF TAG QUESTION BASED ON GENDER AMONG STUDENTS OF LANGUAGE AND LETTERS OF IAIN SURAKARTA (A STUDY OF SOCIOLINGUISTICS)
- Improving Students’ Writing Ability on Recount Text by Using Scrambled Sentences
- IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA
- PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER DENGAN MEDIA POWERPOINT
- PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE “5-E”
- REFLEKSI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- MPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
- TYPE COOPERATIVE EXPERIMENTATION LEARNING OF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) AND SEARCHING METHOD ON SUB SUBJECT CUBE AND BLOCK REVIEWING FROM STUDENT LEARNING MOTIVATION
- DISCOURSE ANALYSIS: Analisis Wacana Humor "Buku Bodoh" Karya Joger Bali Tinjauan dari Aspek Gramatikal dan Leksikal
- IMPROVING STUDENTS’ ENGLISH SPEAKING SKILL ACHIEVEMENT THROUGH CONTENT BASED INSTRUCTION APPROACH
- GENDER BIASED ELEMENTS IN THE ENGLISH TEXTBOOKS FOR THE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN INDONESIA
- SOCIOLINGUISTICS: A DESCRIPTIVE ANALYSIS OF REGISTER USED ON CAVING DIVISION
- A STUDY ON MILITARY REGISTER USED IN WAR MOVIE
- THE ANALYSIS OF REFUSAL EXPRESSIONS IN BARGAINING BETWEEN JAVANESE SELLERS AND BUYERS IN BUNDER MARKET SRAGEN (A SOCIO-PRAGMATIC APPROACH)
- A SOCIOLINGUISTIC STUDY ON REGISTERS USED IN CARD GAME ( A CASE STUDY OF REGISTER IN SIDOMULYO )
- Nomina Deverbal dalam Bahasa Banjar Kuala
- Improving Reading Comprehension Through Computer Assisted Language Learning (CALL) by Using PowerPoint Program
- Sintaksis Bahasa Jawa: FRASA VERBAL DAN VERBA MAJEMUK DALAM BAHASA JAWA
- A STUDY OF SOCIOLINGUISTICS: REGISTER USED IN BIRD TRADING
- Discourse Analysis: An Analysis of Cohesion in SGM Presinuri 3 TV Advertisements
- DISCOURSE ANALYSIS: ANALISIS WACANA LAGU CAMELIA KARYA EBIET G ADE
- TYPES OF ELLIPSIS USED IN THE JAKARTA POST HEADLINE NEWS
- Improving Students’ Writing Skill by Using Narrative Video in Composing Narrative Text
- Javanese Speech Levels
Bermain judi di kasino http://www.vivo-slot.org/ merupakan salah satu hobi yang paling banyak peminatnya, karena https://www.sbobetgaming.com/ bisa memacu adrenalin. Misi utama kita dalam bermain di kasino adalah mendapatkan keuntungan yang berlipat, cepat dan dengan modal yang kecil. Bahkan ada beberapa kasino yang berani memberikan jackpot besar http://www.slot-pussy888.org/ kepada para pemainnya sehingga memunculkan rasa bersaing untuk mendapatkan jackpot.
ReplyDeleteDengan hadiah permainan yang begitu besar, tentunya https://www.loginsbobett.com/ menjadi harapan yang besar bagi para https://www.joker123gamings.com/ pemain di kasino terutama para pemain slot. Berikut ini Admin akan berikan beberapa pemenang mesin jackpot slot yang menghasilkan jackpot ratusan bahkan jutaan dollar yang pernah dimenangkan oleh para pemain slot.