SHOW

SELAMAT DATANG | SEMOGA SITUS INI BISA BERMANFAAT DAN MENGINSPIRASI

Dropdown Menu

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE “5-E”



PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE “5-E”
DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS VIII
SMP NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010

Aulia Kusumastuti

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle “5-E” dengan menggunakan bantuan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Boyolali yang berjumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan dalam mengajukan ide dan gagasan dalam bentuk kalimat matematika sebelum tindakan sebesar 9,52%, diakhir tindakan menjadi 61,9%, 2) kemampuan menggunakan rumus yang tepat dalam menyelesaikan kalimat matematika sebelum tindakan sebesar 28,57%, diakhir tindakan naik menjadi 83,33%, 3) kemampuan melakukan operasi hitung dengan baik dan benar sebelum tindakan sebesar 23,8%, diakhir tindakan naik menjadi 71,42% , dan 4) kemampuan menarik kesimpulan sebelum tindakan sebesar 19,04%, diakhir tindakan naik menjadi 66,7%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5-E dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa sehingga berdampak pula terhadap prestasi belajarnya.

Kata kunci : kemampuan penalaran, Learning Cycle 5-E, alat peraga.


Related Articles:

No comments:

Post a Comment