PENINGKATAN
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING
CYCLE “5-E”
DENGAN
MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS VIII
SMP
NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
Aulia
Kusumastuti
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui
model pembelajaran Learning Cycle “5-E” dengan menggunakan bantuan alat
peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima
tindakan adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Boyolali yang berjumlah 42
siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif
kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini
dapat dilihat dari : 1) kemampuan dalam mengajukan ide dan gagasan dalam bentuk
kalimat matematika sebelum tindakan sebesar 9,52%, diakhir tindakan menjadi
61,9%, 2) kemampuan menggunakan rumus yang tepat dalam menyelesaikan kalimat
matematika sebelum tindakan sebesar 28,57%, diakhir tindakan naik menjadi 83,33%,
3) kemampuan melakukan operasi hitung dengan baik dan benar sebelum tindakan sebesar
23,8%, diakhir tindakan naik menjadi 71,42% , dan 4) kemampuan menarik
kesimpulan sebelum tindakan sebesar 19,04%, diakhir tindakan naik menjadi 66,7%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning
Cycle 5-E dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa sehingga berdampak pula
terhadap prestasi belajarnya.
Kata kunci : kemampuan
penalaran, Learning Cycle 5-E, alat peraga.
No comments:
Post a Comment