PENINGKATAN
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING
CYCLE “5-E”
DENGAN
MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS VIII
SMP
NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
Aulia
Kusumastuti
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui
model pembelajaran Learning Cycle “5-E” dengan menggunakan bantuan alat
peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima
tindakan adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Boyolali yang berjumlah 42
siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif
kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini
dapat dilihat dari : 1) kemampuan dalam mengajukan ide dan gagasan dalam bentuk
kalimat matematika sebelum tindakan sebesar 9,52%, diakhir tindakan menjadi
61,9%, 2) kemampuan menggunakan rumus yang tepat dalam menyelesaikan kalimat
matematika sebelum tindakan sebesar 28,57%, diakhir tindakan naik menjadi 83,33%,
3) kemampuan melakukan operasi hitung dengan baik dan benar sebelum tindakan sebesar
23,8%, diakhir tindakan naik menjadi 71,42% , dan 4) kemampuan menarik
kesimpulan sebelum tindakan sebesar 19,04%, diakhir tindakan naik menjadi 66,7%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning
Cycle 5-E dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa sehingga berdampak pula
terhadap prestasi belajarnya.
Kata kunci : kemampuan
penalaran, Learning Cycle 5-E, alat peraga.
Related Articles:
Seminar dan Penelitian
- CONVERSATIONAL ANALYSIS OF TAG QUESTION BASED ON GENDER AMONG STUDENTS OF LANGUAGE AND LETTERS OF IAIN SURAKARTA (A STUDY OF SOCIOLINGUISTICS)
- Improving Students’ Writing Ability on Recount Text by Using Scrambled Sentences
- IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA
- PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER DENGAN MEDIA POWERPOINT
- PENERAPAN METODE EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- REFLEKSI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- MPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
- TYPE COOPERATIVE EXPERIMENTATION LEARNING OF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) AND SEARCHING METHOD ON SUB SUBJECT CUBE AND BLOCK REVIEWING FROM STUDENT LEARNING MOTIVATION
- DISCOURSE ANALYSIS: Analisis Wacana Humor "Buku Bodoh" Karya Joger Bali Tinjauan dari Aspek Gramatikal dan Leksikal
- IMPROVING STUDENTS’ ENGLISH SPEAKING SKILL ACHIEVEMENT THROUGH CONTENT BASED INSTRUCTION APPROACH
- GENDER BIASED ELEMENTS IN THE ENGLISH TEXTBOOKS FOR THE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN INDONESIA
- SOCIOLINGUISTICS: A DESCRIPTIVE ANALYSIS OF REGISTER USED ON CAVING DIVISION
- A STUDY ON MILITARY REGISTER USED IN WAR MOVIE
- THE ANALYSIS OF REFUSAL EXPRESSIONS IN BARGAINING BETWEEN JAVANESE SELLERS AND BUYERS IN BUNDER MARKET SRAGEN (A SOCIO-PRAGMATIC APPROACH)
- A SOCIOLINGUISTIC STUDY ON REGISTERS USED IN CARD GAME ( A CASE STUDY OF REGISTER IN SIDOMULYO )
- Nomina Deverbal dalam Bahasa Banjar Kuala
- Improving Reading Comprehension Through Computer Assisted Language Learning (CALL) by Using PowerPoint Program
- Sintaksis Bahasa Jawa: FRASA VERBAL DAN VERBA MAJEMUK DALAM BAHASA JAWA
- A STUDY OF SOCIOLINGUISTICS: REGISTER USED IN BIRD TRADING
- Discourse Analysis: An Analysis of Cohesion in SGM Presinuri 3 TV Advertisements
- DISCOURSE ANALYSIS: ANALISIS WACANA LAGU CAMELIA KARYA EBIET G ADE
- TYPES OF ELLIPSIS USED IN THE JAKARTA POST HEADLINE NEWS
- Improving Students’ Writing Skill by Using Narrative Video in Composing Narrative Text
- Javanese Speech Levels
No comments:
Post a Comment