SHOW

SELAMAT DATANG | SEMOGA SITUS INI BISA BERMANFAAT DAN MENGINSPIRASI

Dropdown Menu

REFLEKSI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

REFLEKSI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
(Kelas 1 semester II SMP Negeri 1 Kartasura)

Noor Istifa`izah

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). keterlaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada pembelajaran matematika di kelas 1 semester II SMP Negeri 1 Kartasura, (2). Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada pembelajaran matematika, (3). Upaya yang dilakukan untuk pencapaian tujuan pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari siswa kelas 1 dan guru matematika kelas 1. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari hasil observasi, wawancara dan penyebaran angket, dapat diketahui bahwa :
1)      Tindak mengajar: guru sudah mampu mengaktifkan, membuat siswa lebih berfikir kreatif, mampu menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan. Tindak belajar : siswa memperhatikan dengan seksama setiap penjelasan dari guru, bertanggung jawab dan aktif. Sarana pendukung telah tersedia dengan sangat memadai.
2)      Hambatan yang dialami yaitu alokasi terbatas sehingga guru lebih cenderung menggunakan metode mengajar konvensional, pedoman untuk penilaian ranah afektif dan psikomotorik belum tersedia, guru belum dapat mengarahkan siswanya untuk tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, aspek afektif dan psikomotorik belum menjadi tujuan dari pembelajaran.
3)      Usaha dalam mencapai tujuan KTSP yaitu mengadakan workshop KTSP, mengirimkan guru untuk mengikuti seminar dan workshop KTSP

Kata Kunci: refleksi, KTSP


Related Articles:

No comments:

Post a Comment