REFLEKSI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT
SATUAN PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
(Kelas 1 semester II SMP Negeri 1
Kartasura)
Noor Istifa`izah
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui: (1). keterlaksanaan kurikulum tingkat satuan
pendidikan pada pembelajaran matematika di kelas 1 semester II SMP Negeri 1
Kartasura, (2). Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan kurikulum tingkat
satuan pendidikan pada pembelajaran matematika, (3). Upaya yang dilakukan untuk
pencapaian tujuan pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari siswa kelas 1 dan guru
matematika kelas 1. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi. Dari hasil
observasi, wawancara dan penyebaran angket, dapat diketahui bahwa :
1)
Tindak mengajar: guru
sudah mampu mengaktifkan, membuat siswa lebih berfikir kreatif, mampu
menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan. Tindak belajar : siswa
memperhatikan dengan seksama setiap penjelasan dari guru, bertanggung jawab dan
aktif. Sarana pendukung telah tersedia dengan sangat memadai.
2)
Hambatan yang dialami yaitu alokasi terbatas sehingga
guru lebih cenderung menggunakan metode mengajar konvensional, pedoman untuk
penilaian ranah afektif dan psikomotorik belum tersedia, guru belum dapat
mengarahkan siswanya untuk tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi, aspek afektif dan psikomotorik belum menjadi tujuan dari
pembelajaran.
3)
Usaha dalam mencapai tujuan KTSP yaitu mengadakan
workshop KTSP, mengirimkan guru untuk mengikuti seminar dan workshop KTSP
Kata
Kunci: refleksi, KTSP
No comments:
Post a Comment