SHOW

SELAMAT DATANG | SEMOGA SITUS INI BISA BERMANFAAT DAN MENGINSPIRASI

Dropdown Menu

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER DENGAN MEDIA POWERPOINT



PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA
MELALUI METODE PEMBELAJARAN
 GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER
DENGAN MEDIA POWERPOINT
(PTK Terhadap Siswa Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)

Syah Agung Prayoga Hidayat

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa  melalui metode pembelajaran Giving Questions and Getting Answer dengan media powerpoint. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi,  catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada materi Segi Empat (persegi panjang dan persegi) melalui metode pembelajaran Giving Questions and Getting Answer dengan media powerpoint. Hal ini dapat dilihat dari : 1) banyaknya siswa yang mencatat sebelum tindakan sebanyak 19 siswa (55,8%), di akhir tindakan menjadi 29 siswa (85,3%), 2) siswa yang mempresentasikan hasil pekerjaannya (diskusinya) sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (17,6%), di akhir tindakan naik menjadi 23 siswa (66,7%), dan 3) siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah sebelum tindakan sebanyak 16 siswa (47,1%), di akhir tindakan naik menjadi 31 siswa (91,2%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Giving Questions and Getting Answer dengan media powerpoint dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Kata kunci : Giving_Questions_and_Getting_Answer, powerpoint,  keaktifan_belajar


Related Articles:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar