PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA
SISWA
MELALUI METODE PEMBELAJARAN
GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER
DENGAN MEDIA POWERPOINT
(PTK Terhadap Siswa Kelas VIIA SMP
Muhammadiyah 2 Surakarta)
Syah Agung Prayoga Hidayat
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui metode pembelajaran
Giving Questions and Getting Answer
dengan media powerpoint. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan
adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 2
Surakarta
yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada materi Segi Empat
(persegi panjang dan persegi) melalui metode pembelajaran
Giving Questions and Getting Answer
dengan media powerpoint. Hal ini dapat dilihat dari : 1) banyaknya
siswa yang mencatat sebelum tindakan sebanyak 19
siswa (55,8%), di akhir
tindakan menjadi 29 siswa (85,3%), 2) siswa yang
mempresentasikan hasil pekerjaannya (diskusinya)
sebelum tindakan sebanyak 6
siswa (17,6%), di akhir tindakan naik menjadi 23
siswa (66,7%), dan 3) siswa yang
mengerjakan pekerjaan rumah sebelum
tindakan sebanyak
16 siswa (47,1%), di akhir tindakan naik menjadi 31
siswa (91,2%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran
Giving Questions and Getting Answer
dengan media powerpoint dalam
pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan
belajar siswa.
Kata kunci : Giving_Questions_and_Getting_Answer, powerpoint, keaktifan_belajar
Related Articles:
Seminar dan Penelitian
- CONVERSATIONAL ANALYSIS OF TAG QUESTION BASED ON GENDER AMONG STUDENTS OF LANGUAGE AND LETTERS OF IAIN SURAKARTA (A STUDY OF SOCIOLINGUISTICS)
- Improving Students’ Writing Ability on Recount Text by Using Scrambled Sentences
- IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA
- PENERAPAN METODE EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE “5-E”
- REFLEKSI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- MPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
- TYPE COOPERATIVE EXPERIMENTATION LEARNING OF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) AND SEARCHING METHOD ON SUB SUBJECT CUBE AND BLOCK REVIEWING FROM STUDENT LEARNING MOTIVATION
- DISCOURSE ANALYSIS: Analisis Wacana Humor "Buku Bodoh" Karya Joger Bali Tinjauan dari Aspek Gramatikal dan Leksikal
- IMPROVING STUDENTS’ ENGLISH SPEAKING SKILL ACHIEVEMENT THROUGH CONTENT BASED INSTRUCTION APPROACH
- GENDER BIASED ELEMENTS IN THE ENGLISH TEXTBOOKS FOR THE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN INDONESIA
- SOCIOLINGUISTICS: A DESCRIPTIVE ANALYSIS OF REGISTER USED ON CAVING DIVISION
- A STUDY ON MILITARY REGISTER USED IN WAR MOVIE
- THE ANALYSIS OF REFUSAL EXPRESSIONS IN BARGAINING BETWEEN JAVANESE SELLERS AND BUYERS IN BUNDER MARKET SRAGEN (A SOCIO-PRAGMATIC APPROACH)
- A SOCIOLINGUISTIC STUDY ON REGISTERS USED IN CARD GAME ( A CASE STUDY OF REGISTER IN SIDOMULYO )
- Nomina Deverbal dalam Bahasa Banjar Kuala
- Improving Reading Comprehension Through Computer Assisted Language Learning (CALL) by Using PowerPoint Program
- Sintaksis Bahasa Jawa: FRASA VERBAL DAN VERBA MAJEMUK DALAM BAHASA JAWA
- A STUDY OF SOCIOLINGUISTICS: REGISTER USED IN BIRD TRADING
- Discourse Analysis: An Analysis of Cohesion in SGM Presinuri 3 TV Advertisements
- DISCOURSE ANALYSIS: ANALISIS WACANA LAGU CAMELIA KARYA EBIET G ADE
- TYPES OF ELLIPSIS USED IN THE JAKARTA POST HEADLINE NEWS
- Improving Students’ Writing Skill by Using Narrative Video in Composing Narrative Text
- Javanese Speech Levels
No comments:
Post a Comment