PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA
SISWA
MELALUI METODE PEMBELAJARAN
GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER
DENGAN MEDIA POWERPOINT
(PTK Terhadap Siswa Kelas VIIA SMP
Muhammadiyah 2 Surakarta)
Syah Agung Prayoga Hidayat
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui metode pembelajaran
Giving Questions and Getting Answer
dengan media powerpoint. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan
adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 2
Surakarta
yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada materi Segi Empat
(persegi panjang dan persegi) melalui metode pembelajaran
Giving Questions and Getting Answer
dengan media powerpoint. Hal ini dapat dilihat dari : 1) banyaknya
siswa yang mencatat sebelum tindakan sebanyak 19
siswa (55,8%), di akhir
tindakan menjadi 29 siswa (85,3%), 2) siswa yang
mempresentasikan hasil pekerjaannya (diskusinya)
sebelum tindakan sebanyak 6
siswa (17,6%), di akhir tindakan naik menjadi 23
siswa (66,7%), dan 3) siswa yang
mengerjakan pekerjaan rumah sebelum
tindakan sebanyak
16 siswa (47,1%), di akhir tindakan naik menjadi 31
siswa (91,2%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran
Giving Questions and Getting Answer
dengan media powerpoint dalam
pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan
belajar siswa.
Kata kunci : Giving_Questions_and_Getting_Answer, powerpoint, keaktifan_belajar
No comments:
Post a Comment